ETNOKOREOLOGI TARI MERAK DAN KORELASINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Rifki Fauzi, Dea Silviani, Amalia Nariah Nurhasanah, Novita Ratna Amelia

Abstract


Etnokoreologi merupakan suatu pemberian suatu pemahaman mengenai tarian sebagai bentuk ekspresi mencintai kebudayaan yang utuh. Objek material yang diguna dalam etnokoreologi ini dikaji mengenai struktural suatu tarian kajiannya bersifat interdisiplin/multi-disiplin. Dalam hal ini, fokus kajian yang dilakukan adalah mengenai etnokoreologi tari merak dan korelasinya dengan pendidikan anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini adalah literatur view. Adapun hasil pembahasan dari artikel ini menyebutkan bahwa tari merak memiliki beberapa nilai dan fungsi yang apabila ditelaah lebih dalam ada korelasinya dengan pendidikan anak usia dini.


Full Text:

PDF

References


Durban, I. (2015). Tari Merak Sunda . Bandung: Pubsi tari Press. Mulyani, A. (2017). Tari Merak. Bandung: ISBI Bandung.

Harbon, Lesley., & International seminar on languages and arts (2013 : ISLA) ; 2 (Padang). (n.d.). Proceeding international seminar on languages and arts (ISLA-2) FBS UNP, Padang, 5-6 October 2013 : empowering theories and pedagogical application of languages and arts.

https://www.gandespamantes.org/7-manfaat-menari-untuk-sang-buah-hati/

https://kumparan.com/viral-food-travel/fungsi-tari-merak-tarian-sambutan-hingga-menjadi-ikon-budaya-1wBPtaGNItw/4

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0468/U/1992

Marinis, Marco De. 1993. The Semiotics of Performance. Terj. Aine O’Healy. Bloomington dan Indianapolis : Indiana University Press, 1993.

Narawati, T. (2013). ETNOKOREOLOGI : PENGKAJIAN TARI ETNIS&KEGUNAANNYA DALAM PENDIDIKAN SENI. FBS Universitas Negeri Padang, 69-74.

Narawati, Tati, 2008. “Citra Perempuan dalam Seni Pertunjukan Sunda†dalam Sejarah Sebuah Penilaian : Refleksi 70 Tahun Prof. Dr. H. Asmawi Zainul, M.Ed.†Bandung : Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS UPI.

Narawati, Tati, 2002. Wajah Tari Sunda dari Masa ke Masa. Bandung : P4ST UPI

Novitasari, A. (2017). Pembelajaran Tari Merak Sebagai Upaya Pelestarian Tari Tradisional di Sanggar Ngudi Laras Desa Karangmoncol Kecamatan Randudongkal Kapupaten Pemalang. Universitas Negri surabaya, 164-167.

Octolongere, Jimmy Andin, 2012. â€Nilai Kepeminpinan dalam tari Kenyah Mandau pada Masyarakat Suku Dayak di Kalimantan Tengahâ€. Tesis S2 pada Pendidikan Seni Sekolah Pascasarjana UPI.

Pramutomo, R. (2007). Etnokoreologi Nusantara (batasan kajian, sistematika, dan aplikasi keilmuannya). Serakarta: ISI Press. Sari, P. Y. (n.d.). Kajian Etnokoreologi Tari Topeng Banjar. 1-25.

Renaldi, A. H. (2015). Animasi Interaktif Pembelajaran Tari Merak. INFORMATIKA, 453-464.

Royce, Anya Peterson. 1980. the Antropology of Dance. Bloomington dan London : Indiana University Press.

Soedarsono. 2000. Melacak Jejak Perkembangan Seni di Indonesia. Bandung : P4ST UPI.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 dalam tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v2i2.21188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sultan Agung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id