PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DI KELAS X-MIPA SMA NEGERI 16 SEMARANG

Achmad Tugiran

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan hasil pembelajaran siswa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui pendekatan portofolio. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 16 Semarang. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus yang masing-masing siklus meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan portofolio mampu meningkatkan kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil pembelajaran pada siklus I: 25,58 menjadi 81,39 pada siklus II. Selain itu, kedisiplinan siswa mengalami peningkatan yang lebih baik serta proses pembelajaran menjadi lebih kondusif.

Keywords


Hasil Belajar PKn, PTK, Portofolio

Full Text:

PDF

References


Arifin, 2017. Upaya Diri Menjadi Guru Profesional. Bandung: Alafabeta.

Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Anonim. 1999. Penelitian tindakan (action research). Jakarta: Ditjen Dikdasme Depdikbud.

Budiamansyah, Dasim. 2002. Portofolio. Bandung: Ganesindo.

Fajar, Arnie. 2004. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fattah Nanang. 2000. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kasbolah, Kasihani. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.

Munib. Achmad. 2005. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK Unnes Press.

Nurhadi, Senduk AG. 2003. Pendidikan Pancasila. Semarang: UPT MKKU Unnes.

Rajak, Abdul H. 1995. Sistem Pendidikan Nasional. Solo: Aneka Ilmu

Samana A. 1992. Sistem Pengajaran. Yogyakarta: Kanisius.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Al Genindo.

Sulistiyani, Ina Eka. 2006. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran PKn Kelas X SMA Negeri 12 Semarang Melalui Pembelajaran Portofolio. Skripsi. Semarang: Unnes.

Soeparwoto dkk. 2003. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT MKK Unnes Press.

Tijan dkk. 2004. Kewarganegaraan 1. Semarang: Aneka Ilmu.

Tijan, dkk. 2005. Peningkatan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Mata Kuliah SSBI. Laporan Penelitian. Semarang: SP4.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wardani, Igak. 2001. Praktik Mengajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Wardani, Igak. 2001. Dasar-dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i3.17663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sultan Agung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Sultan Agung is published by Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Islam Sultan Agung.

Contact us: GKB Lantai 2, FKIP Unissula Jl. Raya Kaligawe Km.4 Terboyo Kulon, Genuk, Semarang 50112. Email: editorjpsa.fkip@unissula.ac.id