Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran Teks Anekdot Pada Siswa SMA

Yuni Yuniarti

Abstract


Abstrak

Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) merupakan pembelajaran yang efektif diterapkan karena menekankan pada belajar kontekstual melalui aktivitas sesuai dengan dunia nyata. Model Project Based Learning dalam pembelajaran teks anekdot dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa SMA. Dalam kurikulum 2013 pembelajaran bahasa Indonesia mulai mengarahkan peserta didik untuk menghasilkan produk berupa teks di akhir pembelajaran. Maka dari itu guru sebagai fasilitator harus mampu menyiapkan siswa untuk mencapai hal tersebut. Salah satu cara yang dapat ditempuh guru dalam rangka mencapai tantangan tersebut yaitu membiasakan peserta didik untuk selalu dihadapkan dengan model pembelajaran berbasis berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran dengan berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi teks anekdot. Analisis ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode deskriptif digunakan untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran pada materi teks anekdot. Hasil analisis disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat ditempuh melalui kegiatan; (1) penentuan pertanyaan mendasar, (2) mendesain perencanaan proyek, (3) menyusun jadwal, (4) memonitor siswa dan kemajuan proyek, (5) menguji hasil, (6) mengevaluasi pengalaman serta membiasakan siswa untuk mencapai level kognitif C6 yaitu mencipta, dalam hal ini peserta didik dituntut untuk menghasilkan sebuah teks anekdot sebagai produk pembelajaran.

 

Kata kunci: project based learning, model, teks anekdot

 


Keywords


Project; Based; Learning

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jpbi.9.2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is published by Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia.