Studi deskriptif penerapan prinsip “Enam Tepat” dalam pemberian obat

Setianingsih Setianingsih, Ria Septiyana

Abstract


Pendahuluan: Perawat erat kaitannya dengan keselamatan pasien di rumah sakit. Dalam menjalankan tugas sebagai pemberi asuhan keperawatan, perawat berwenang melakukan penatalaksanaan pemberian obat kepada pasien secara tepat. Aspek enam tepat pemberian obat meliputi tepat pasien, tepat obat, tepat dosis, tepat waktu, tepat cara, dan tepat dokumentasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran perawat dalam menerapkan prinsip “ enam tepat” saat pemberian obat di RSUD Dr. H. Soewondo Kendal. Metode:Desain penelitian ini menggunakan deskriptif observasional yang menggunakan kuesioner enam tepat pemberian obat dengan sampel sebanyak 124 perawat. Hasil:Mayoritas perawat dalam rentang usia 25-35 tahun (63,7 %), jenis kelamin terbanyak perempuan (66,9 %), tingkat pendidikan perawat sebagian besar Diploma III (49,2 %), dan sebagian besar perawat sudah bekerja > 10 tahun (41,1 %). Simpulan:Ketepatan dalam penerapan prinsip “ enam tepat” pemberian obat sebagian besar tepat (59,7 %). Seluruh perawat diharapkan dengan berbagai karakteristik mampu menerapkan prinsip “enam tepat” pemberian obat.


Keywords


Enam tepat; pemberian obat; perawat

Full Text:

PDF

References


Armiyati, Y., Ernawati, & Riwayati. (2007). Hubungan tingkat pendidikan dan lama kerja perawat dengan penerapan prinsip “Enam Tepat” dalam pemberian obat di ruang rawat inap RS Dr. Kariadi Semarang. Jurnal.Unimus.Ac.Id, 1(2), 177–187.

Depkes RI. (2008). Tanggung Jawab Apoteker Terhadap Keselamatan Pasien (Patient Safety) (pp. 1–37). pp. 1–37. Jakarta: Departemen kesehatan Republik Indonesia.

Fatimah, F. S., & Rosa, E. M. (2016). Efektivitas Pelatihan Patient Safety; Komunikasi S-BAR pada Perawat dalam Menurunkan Kesalahan Pemberian Obat Injeksi di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 2(1), 32.

Hanida Norma Aswatun, Rahayu Winarti, D. N. A. N. (2019). Hubungan Beban Kerja Perawat dengan Pelaksanaan Prinsip 6 Benar Pemberian Obat pada Pasien. Jurnal Ners Widya Husada Volume, 6(2).

Hilmawan, F. A., Suprapti, E., & Solechan, A. (2014). Hubungan Antara Penerapan Standart Operational Procedure (SOP) Pemberian Obat Prinsip Enam Benar Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di RSUD Ungaran. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 1–10.

Karch, A. M. (2010). Buku Ajar Farmakologi Keperawatan (2nd ed.). Jakarta: EGC.

Kuntarti, K. (2014). Tingkat Penerapan Prinsip ‘Enam Tepat’ Dalam Pemberian Obat Oleh Perawat Di Ruang Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Indonesia, 9(1), 19–25. https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.155

Lediana Tampubolon, P. (2018). Analisis Penerapan Prinsip Keselamatan Pasien Dalam Pemberian Obat Terhadap Terjadinya Medication Error di Rawat Inap Rumah Sakit X Tahun 2018. Jurnal ARSI, 4(3), 173–183.

Lestari, Y. N. (2009). Pengalaman perawat dalam menerapkan prinsip enam benar dalam pemberian obat di ruang rawat inap Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus.

Mahfudhah, A. N., & Mayasari, P. (2018). Pemberian Obat Oleh Perawat Diruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Kota Banda Aceh. JIM FKep, III(4), 1–9.

Potter, P. A., & Perry, A. G. (2010). Fundamental Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Smith, T. J., & Johnson, J. Y. (2010). Buku Saku Prosedur Klinis Keperawatan. Jakarta: EGC.

UU RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 tahun 2014 Tentang Keperawatan. (2014).

Virawan, M. K. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Staf Perawat Dan Staf Farmasi Menggunakan Enam Benar Dalam Menurunkan Kasus Kejadian Yang Tidak Diharapkan Dan Kejadian Nyariscedera Di Rumah Sakit Umum Surya Husadha. Tesis, 1, 83.

Wardani, & Robie. (2016). Hubungan Karakteristik Perawat dengan Penerapan Prinsip Enam Benar dalam Pemberian Obat di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. H. Soewondo Kendal. STIKES Kendal.

Yulhelmi. (2009). Gambaran pelaksanaan prinsip enam benardalam pemberian obat oleh perawat di Irna B RSUP DR. M. Djamil Padang. Retrieved from http://www.repository.unand.ac.id




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/nurscope.6.2.88-95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats