EFEKTIVITAS TEKNIK PERNAFASAN BUTEYKO TERHADAP PENGONTROLAN ASMA DI BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT SEMARANG

Erna Melastuti, Lailya Husna

Abstract


ABSTRACT
Asma merupakan inflamasi kronik pada jalan nafas. Tehnik pernafasan yang dikembangkan untuk mengontrol asma adalah tehnik pernafasan Buyteko.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiefektivitas teknik pernafasan Buteyko terhadap pengontrolan asma. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre eksperimen. Jumlah responden sebanyak 34 dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis penelitian ini dengan uji independent sample T-test.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah teknik pernafasan buyteko Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini, adalah pengontrolan asma. Instrumen pada penelitian ini adalah Asthma Control Test dan Spirometri
Hasil : Sebanyak 34 responden telah menyelesaikan penelitian. Hasil analisa menggunakan
hasil uji paired sample T-Test dengan hasil rata –rata (mean) pengontrolan asma meningkat yaitu 20,35 menjadi 21,29 serta nilai signifkansinya ( p value < 0,05) adalah 0,00.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa terdapat perbedaan kontrol asma sebelum dan sesudah dilakukan teknik pernafasan buteyko.
Keywords : buteyko breathing tecnique, pengontrolan asma

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/nurscope.1.2.1-7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats