Tingkat pengetahuan ibu memengaruhi keberhasilan toilet training pada anak prasekolah

Anestasia Pangestu Mei Tyas, Yunita Yunita, Amellia Mardhika, Lailatul Fadliyah, Joko Susanto

Abstract


Pendahuluan:Tugas perkembangan kemandirian anak pada usia toddlerdapat dilatih dengan toilet training. Faktanya pada anak prasekolah masih ada yang anak yang belum siap dan belum berhasil melakukan toilet training. Hasil studi pendahuluan salah satu TK di Lamongan menunjukkan sebagian kecil anak prasekolah masih mengompol dan memakai pampers saat malam hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan keberhasilan toilet trainingpada anak prasekolah. Metode:Penelitian cross sectionaldengan jumlah sampel 40 responden memakai teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tingkat pengetahuan ibu dan kuesioner keberhasilan anak dalam toilet training. Analisa data meliputi univariat dan uji fishers exact test(p value < 0.05). Hasil:Penelitian menyebutkanadanya hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak prasekolah (p value = 0.013).Simpulan:Perlu adanya pendidikan kesehatan dari puskesmas dan dinas pendidikan tentang toilet training kepada orang tua untuk meningkatkan kesiapan dan keberhasilan toilet training.


Keywords


Pengetahuan ibu; prasekolah; toilet training

Full Text:

PDF

References


Andriyani, S., Ibrahim, K., & Wulandari, S. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang berhubungan Toilet Training pada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 2(3), 146–153. https://doi.org/10.24198/jkp.v2n3.2

Fithriyana, R., & Aldopi, A. (2018). Gambaran Pengetahuan Ibu yang Mempunyai Anak Usia 1-3 Tahun tentang Toilet Training di Desa Batu Bersurat Wilayah Kerja Puskesmas XIII Koto Kampar I. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Hidayat, A. A. A. (2005). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1 (Edisi Pert). Salemba Medika.

Hockenberry, M. J., Wilson, D., & Rodgers, C. C. (2017). Wong’s Essentials of Pediatric Nursing (Tenth Edit). Elsevier Inc.

Istianah, Indanah, & Farida, U. (2014). Pengetahuan Ibu Meningkatkan Kemampuan “Toilet Training” Anak. Jurnal Keperawatan Anak, 2(1), 28–33.

Li, X., Wen, J. G., Xie, H., Wu, X. D., Shen, T., Yang, X. Q., Wang, X. Z., Chen, G. X., Yang, M. F., & Du, Y. K. (2020). Delayed in toilet training association with pediatric lower urinary tract dysfunction: A systematic review and meta-analysis. Journal of Pediatric Urology, 16(3), 352.e1-352.e8. https://doi.org/10.1016/j.jpurol.2020.02.016

Maghfuroh, L. (2017). Penerapan Metode Visual Auditory dalam Peningkatan Keberhasilan Toilet Training pada Anak Prasekolah. Medical Technology and Public Health Journal, 004, 86–98. http://journal.unusa.ac.id/index.php/mtphj/article/viewFile/459/440

Maidartati, & Latif, D. D. (2018). Gambaran Pengetahuan Orangtua Tentang Toilet Training pada Anak Usia Toddler di Puskesmas Pasir Kaliki. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7–13. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.2848.g1852

Mubarak, W. I. (2011). Promosi Kesehatan untuk Kebidanan. Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Rogers, J. (2013). Daytime Wetting in Children and Acquisition of Bladder Control. Nurs Child Young People, 25(6), 26–33. https://doi.org/10.7748/ncyp2013.07.25.6.26.e195

Shalahuddin, I., Pebrianti, S., & Maulana, I. (2018). Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Ibu dalam Penerapan Toilet Training pada Anak Usia Toddler di Desa Majasari Garut. JUrnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 5(2), 59–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/jpkmi.v5i2.5484

Utami, W., Dwiagung, & Berliana, D. (2018). Hubungan Pengetahuan Prang Tua (Ibu) tentang Toilet Training terhadap Kejadian Enuresis di TK Dharma Wanita Desa Ngantru Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017. Asuhan Kesehatan Jurnal Ilmiah Ilmu Kebidanan Dan Keperawatan, 8(2), 6–10.

Wu, H.-Y. (2010). Achieving Urinary Continence in Children. Nat Rev Urol, 7(7), 371–377. https://doi.org/10.1038/nrurol.2010.78

Youstiana Dwi Rusita, I. A. (2015). Hubungan Pengetahuan dan Peran Orang Tua dengan Keberhasilan Toilet Training pada Anak Usia 5 Tahun di TK Desa Suwaloh Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Kebidanan Indonesia, 6(2), 29–35. https://doi.org/10.36419




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/nurscope.7.1.38-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats