Persepsi mahasiswa tentang efektivitas pembimbing klinik

Oktorullah Oktorullah, Sri Hartati Pratiwi, Dyah Setyorini, Ryan Hara Permana

Abstract


Pendahuluan: Pencapaian keterampilan klinik keperawatan sangat dipengaruhi oleh kualitas pembimbing klinik.  Peran pembimbing klinik yang tidak efektif dapat menyebabkan rendahnya capaian kompetensi mahasiswa keperawatan. Penelitian ini bertujuan menginvestigasi persepsi mahasiswa tentang efektivitas pembimbing klinik.Metode:Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan populasi, yaitu mahasiswa Program Profesi Ners Angkatan XXXVIII Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Teknik sampling menggunakan total Sampling dengan sampel yaitu 124 orang. Instrumen menggunakanThe Nursing Clinical Teacher Effectiveness Inventory(NCTEI) (Cronbach Alpha=0,79-0,89). Hasil:Persepsi mahasiswa terhadap efektivitas pembimbing klinik di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung (RSHS) diniali lebih baik (mean=261,28) dibandingkan dengan RSUD Dr. Slamet Garut (RSUD Garut) (mean=233,85). Subvariabel tertinggi pada pembimbing klinik di RSHS yaitu kemampuan mengajar (mean=5,75), sedangkan di RSUD Garut yaitu hubungan interpersonal (mean=5,12). Simpulan:Efektivitas pembimbing klinik di RSHS dipersepsikan lebih baik dibandingkan RSUD Garut. Institusi pendidikan perlu melakukan evaluasi dan pengembangan kapasitas dari pembimbing klinik secara berkala.

Keywords


Efektivitas; mahasiswa keperawatan; pembimbing klinik; persepsi

Full Text:

PDF

References


AIPNI. (2016). Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia (F. Haryati, H. Kamil, K. Ibrahim, & M. Hadi (eds.). Jakarta: Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI).

Asda, P. (2017). Hubungan Bimbingan Klinik Oleh Pembimbing Klinik Akademik Dengan Prestasi Belajar Klinik Mahasiswa Semester V DIII Keperawatan STIKES Wira Husada Tahun Ajaran 2010/2011. OpenAsda, Patria.“Hubungan Bimbingan Klinik Oleh Pembimbing Klinik Akademik Dengan Prestasi Belajar Klinik Mahasiswa Semester, 503.

Baker, K. (2012). Senior Nursing Students’ Perception of Clinical Teacher Behavior. Western North Carolina: Gardner-Webb University

Banan, S. H. A. E. L., & Elsharkawy, N. (2017). Undergraduate nursing students’ and clinical instructors’ perception of the characteristics of an effective clinical instructor at the faculty of nursing, Cairo University. Cairo University American Journal of Nursing Science, 6(3), 185–192.

Bobaya, J., Kiling, M.A., Laoh, J.M., & Losu, N. (2015). Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Pembimbing Klinik dengan Pencapaian Target Praktek Klinik Keperawatan Medikal Bedah. JUPERINDO, 4(1), 20-31

Dasila Prabha, K., Veer Bharti, V., Ponchitra, R., Divjya, K. Y., & Singh, J. J. (2016). Perceptions of nursing students on clinical teaching behaviors of teaching faculty: Correlational survey design. Journal of Nursing and Health Science, 5(5), 37–41.

Dirjendikti. (2011). Standar Pendidikan Ners Indonesia. dikti.go.id

Gangadharan, P., Abdu AlWahed, M. A., & Ali Assiri, M. M. (2016). Effectiveness of clinical teacher behaviors as perceived by nursing students, graduates and faculty of King Khalid University, College of Applied Medical science, Mohail, Kingdom of Saudi Arabia, 5(3), 651–656.

Knox, J. E., & Mogan, J. (1985). Important clinical teacher behaviours as perceived by university nursing faculty, students and graduates. Journal of Advanced Nursing, 10(1), 25–30.

Lestari, T. R. P. (2014). Pendidikan Keperawatan: Upaya Menghasilkan Tenaga Perawat Berkualitas. Jurnal Aspirasi, 5(1), 1–10.

Marlina, T. T. (2017). A Description Study of Nursing Students in Clinical Practice. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 4(3), 272–277.

Mogan, J., & Knox, J. E. (1987). Characteristics of ‘best’and ‘worst’clinical teachers as perceived by university nursing faculty and students. Journal of Advanced Nursing, 12(3), 331–337.

Nehring, V. (1990). Nursing clinical teacher effectiveness inventory: A replication study of the characteristics of ‘best’and ‘worst’clinical teachers as perceived by nursing faculty and students. Journal of Advanced Nursing, 15(8), 934–940.

Nelson, N. (2011). Beginning nursing students’ perceptions of the effective characteristics and caring behaviors of their clinical instructor. Capella University.

Parsh, B. (2009). Nursing student and faculty perceptions of the characteristics of effective instructors in the simulated clinical experience.

Purwani, F. (2010). Hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap pembimbingan klinik dan motivasi belajar praktik klinik di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Robbin, S., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi Edisi 12. Jakarta: Selemba Empat.

Rofiqoh, I., & Nurmalia, D. (2017). Persepsi Mahasiswa Praktik Keperawatang Tentang Peran Pendidik Klinik di RSUD Tugurejo Semarang. Diponegoro Universty.

Sand-Jecklin, K. (2009). Assessing nursing student perceptions of the clinical learning environment: refinement and testing of the SECEE inventory. Journal of Nursing Measurement, 17(3), 232–246.

Saputra, O., & Lisiswanti, R. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran keterampilan klinik di Institusi Pendidikan Kedokteran. Juke Unila, 5(9), 104–109.

Siswanto, F., & Woferst, R. (2014). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Mahasiswa untuk Melanjutkan Profesi Ners. Riau University.

Suikkala, A., Leino‐Kilpi, H., Katajisto, J., & Koskinen, S. (2020). Nursing student–patient relationship and related factors—A self‐assessment by nursing students. Journal of Clinical Nursing, 29(21–22), 4030–4044.

Sumarni, T., & Sugiharti, R. K. (2019). Persepsi Mahasiswa Ners Universitas Harapan Bangsa Tentang Pembimbing Klinik. Jurnal Smart Keperawatan, 6(1), 25–30.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/nurscope.6.2.66-73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats