Efektivitas Penyidikan Tindak Pidana Dalam Rangka Pencegahan Gugatan Praperadilan Pada Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Semarang

Moch. Adimas P, Lathifah Hanim

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Efektifitas Penyidikan Pidana Dalam Rangka Pencegahan Gugatan Praperadilan Pada Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Semarang. Tujuan Penelitian ini: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis Efektifitas Penyidikan Tindak Pidana Dalam Rangka Pencegahan Gugatan Praperadilan Pada Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Semarang. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis kendala-kendala dan solusi Penyidikan Tindak Pidana Dalam Rangka Pencegahan Gugatan Praperadilan Pada Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Semarang.

Hasil Penelitian: 1) Peranan praperadilan adalah dalam rangka penegakan aturan yang ada untuk memberi perlindungan terhadap harkat dan martabat manusia agar aparat penegak hukum tidak  sewenang-wenang dalam menjalankan tugasnya. Tidak terlalu berbeda antara fungsi dan  peranan praperadilan. Jika fungsi dari praperadilan adalah sebagai kontrol bagi penegakan hukum atas aparat penegakan hukum itu sendiri untuk melindungi hak-hak dari tersangka atau terdakwa, peranan praperadilan muncul dalam rangka penegakan aturan yang ada untuk melindungi hak dari tersangka. 2) Kendala-kendala yang  dihadapi  polisi  dalam  menghormati  hak tersangka sangat bervariasi seperti faktor pengalaman kerja lapangan (menyidik), tersangka yang benar-benar sakit ataupun yang pura-pura sakit. Itu merupakan kendala paling berat yang dihadapi polisi, karena tersangka yang pura-pura sakit ataupun yang benar-benar sakit, itu sangat menguras tenaga seorang polisi. Kendala lain adalah tersangka yang tidak mengakui melakukan tindak pidana. Kendala ini tidak begitu berat karena polisi tidak perlu memaksa seorang tersangka untuk mengakui kesalahannya, polisi hanya perlu mengumpulkan bukti-bukti sesuai Pasal 184 KUHAP. Ada juga kendala yaitu tersangka yang mempunyai cacat fisik. Dari kendala ini, polisi memerlukan bantuan dari seorang ahli untuk bisa mendapatkan keterangan dari tersangka tersebut.

Kata Kunci : Efektifitas Penyidikan, Tindak Pidana, Gugatan Praperadilan.

 

ABSTRACT

This study entitled Effectiveness of Criminal Investigation in Prevention of Pretrial Claim In Criminal Investigation Unit of Polrestabes Semarang. The purpose of this study: 1) To know and analyze the Effectiveness of Criminal Investigation in Prevention of Pretrial Claims In Criminal Investigation Unit Polrestabes Semarang. 2) To know and analyze the constraints and solutions of Criminal Investigation in Prevention of Pretrial Claims in Criminal Investigation Unit of Polrestabes Semarang.

Research Result: 1) Pretrial role is in the framework of enforcement of existing rules to provide protection to the dignity and human dignity so that law enforcement officers are not arbitrary in carrying out their duties. Not too different between the function and role of pretrial. If the function of pre-trial is as a control for law enforcement of the law enforcement apparatus itself to protect the rights of suspects or defendants, the role of pretrial arises in the context of enforcing existing rules to protect the rights of suspects. 2) The obstacles faced by the police in respecting the rights of suspects vary widely as factors of field work experience (investigation), a sick or sickly suspect. It is the most serious obstacle facing the police, because the suspect is ill-treated or really sick, it is very draining of a cop. Another obstacle is a suspect who does not recognize committing a crime. This obstacle is not so heavy because the police do not have to force a suspect to admit his mistake, the police only need to collect evidence according to Article 184 KUHAP. There are also constraints that the suspect has a physical disability. From this obstacle, police need help from an expert to be able to get information from the suspect.

Keywords: Effectiveness of Investigation, Crime, Pretrial Lawsuit.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jku.v17i2.2592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal Hukum Khairu Ummah Indexed by :

google_scholar doajr onesearch garuda crosref sinta dimension scopus tomson scopus scopus taylor taylor taylor
Jurnal Khairu Ummah
   
Faculty of Law, UnissulaCopyright of Jurnal Khairu Ummah
Jalan Kaligawe Raya KM.4, Terboyo Kulon, Genuk,ISSN ( Print )e-ISSN ( Online )
Semarang, Central Java, Indonesia, 50112Â