PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Nanik Ermawati, Zaenal Afifi

Abstract


Tema yang diangkat dari penelitian ini adalah tentang kepatuhan wajib pajak yang ada di Kantor Pelayanan Pajak Kudus, dengan judul “Pengaruh Religiusitas Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan
Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Wajib Pajak Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus)â€. Penelitian ini merupakan studi kasus pada wajib pajak orang pribadi di Kabupaten Kudus. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh wajib pajak orang pribadi di Kabupaten Kudus. Sampel diambil secara insidental sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan pendekatan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan metode alternatif Warp Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Religiusitas berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, 2). Religiusitas berpengaruh terhadap kesadaran wajib pajak, 3). Kesadaran wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, 4). Kesadaran wajib pajak mampu memediasi sebagian pengaruh religiusitas terhadap kepatuhan wajib pajak.
Kata kunci: religiusitas, kesadaran wajib pajak, kepatuhan wajib pajak, wajib pajak orang pribadi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jai.7.2.49-62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Akuntansi Indonesia
is published by Department of Accounting, Faculty of Economics Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia in collaboration with IAI KaPD.

Jl. Raya Kaligawe Km.4, PO BOX 1054/SM Semarang 50112
Website: http://fe.unissula.ac.id/
Email: jai@unissula.ac.id

ISSN: 2655-9552 (Online) | 0216-6747 (Print)
DOI : 10.30659/jai

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License