Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Ojek Online di Kota Tegal pada Masa Pandemi Covid 19

Bahri Kamal, Erni Unggul Sedya Utami, Nizam Zamami

Abstract


This study was aimed to test and analyze how much influence internal and external factors have on the decisions of online motorcycle taxi users in Tegal City. The sampling technique used in this study was a convenience sampling method. The sample used in this study were 118 respondents who had used online motorcycle taxi transportation. The data used in this study were primary data and secondary data with data collection techniques using observation, interviews, literature study, and questionnaires. Data analysis techniques used in this study were validity test; reliability test; classical assumption test namely normality test, multicollinearities, heteroscedasticity, and autocorrelation; multiple regression analysis, t-test (partial), f-test (simultaneous), and the coefficient of determination. The results of data analysis are known based on the results of hypothesis testing that the internal factor variable (x1) partially affects the decision of online motorcycle taxi users, the external factor variable (x2) partially affects the decision of online motorcycle taxi users and internal factor variables and external variables simultaneously influence the decisions of online motorcycle taxi users.

Keywords: Internal Factors, External Factors, User Decisions

 


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis seberapa besar pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap keputusan pengguna ojek online di Kota Tegal. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 118 responden yang pernah menggunakan transportasi ojek online di Kota Tegal. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan (1) Uji validitas, (2) Uji reliabilitas, (3) Uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas, multikolineartas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi, (4) Analisis regresi berganda, uji t (parsial), uji f (simultan), dan koefisien determinasi. Hasil analisis data diketahui berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa variabel faktor internal (x1) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pengguna ojek online, variabel faktor eksternal (x2) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pengguna ojek online serta variabel faktor internal dan variabel eksternal berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pengguna ojek online.
Kata Kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Keputusan Pengguna



Full Text:

PDF

References


CNN Indonesia. 2018. Survei Shopback Pengguna Grab Kejar Kejaran Dengan Gojek . Diakses 2018. Dari www.cnnindonesia.com

Dharmmesta, Basu Swastha, dan Handoko, T. Hani, (2000). Manajemen Pemasaran, Analisa perilaku konsumen. Edisi pertama cetakan ketiga. Yogyakarta. BPFE.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM. SPSS 19 (edisi kelima). Universitas Diponegoro.

Haris, Aghnia, dan Wardana, Aditya. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Membentuk Preferensi Konsumen Go-Jek di Kota Jakarta. E-Proceeding of Management: Universitas Telkom Vol. 3 No. 2

Hawkins, & Motherbaugh. (2013). Consumer Behavior Building Marketing Strategy (Twelfth Ed) . New York (NY): Mc Graw Hill

Henry, Ãssael. (1998). Consumer Behaviour. Shout-Western Collage Publishing.

Hutauruk, Martinus Robert. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Faktor yang Menentukan Perilaku Konsumen untuk Membeli Barang Kebutuhan Pokok di Samarinda. Jurnal Riset Inossa, 2 No 1(June), 1–15.

J.Setiadi, Nugroho. (2008). Perilaku Konsumen. PT. Kencana.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2007). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga.

Lovelock C, Jochen W, Jacky M. (2010). Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia Jilid 2 Ed Ke-7. Dian W, Devri BP, penerjemah. Novietha IS, editor. Jakarta (ID): Erlangga. Terjemahan dari: Services Marketing Seventh Edition

Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research: An Applied Orientation. Pearson/ Prentice Hal.

Pangaribuan, Nora Ronia., Wijaya, Ni Made Sofia., & Mahadewi, Ni Putu Eka. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Menggunakan Transportasi Berbasis Aplikasi di PT. Gojek Indonesia. Jurnal IPTA, Vol. 4 No.

Sekaran, U. (2011). Metodologi Penelitian untuk Bisnis (Edisi 4). Salemba Empat.

Siti, Partini. (1986). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. PT. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. (2010). Statistik Teori dan Aplikasi (Edisi Ketu). Penerbit Erlangga.

Trifiyanto, Kabul., dan Artati, Dwi. (2019). Studi Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Ojek Online di Kabupaten Kebumen dan Purworejo. Fintech Dan E-Commerce Untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM Dan Industri Kreatif, 673–683.

Wibisono, Totok., Universari, Nuria., & Utaminingsih, Adijati. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengguna Transportasi Gojek di Kota Semarang: Sebuah Analisis Kualitatif. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 19(2), 277–285. https://doi.org/10.26623/jdsb.v19i2.990




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jai.10.2.111-128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Akuntansi Indonesia
is published by Department of Accounting, Faculty of Economics Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia in collaboration with IAI KaPD.

Jl. Raya Kaligawe Km.4, PO BOX 1054/SM Semarang 50112
Website: http://fe.unissula.ac.id/
Email: jai@unissula.ac.id

ISSN: 2655-9552 (Online) | 0216-6747 (Print)
DOI : 10.30659/jai

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License