Peranan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Keuangan Inklusif UMKM di Kabupaten Kudus yang Berbasis Fintech

Zuliyati Zuliyati, Wiwit Agus Triyanto, Retno Tri Handayani

Abstract


Online-based trading changes the traditional trading paradigm, through meetings between consumers and merchants turning into online transactions without distance and time limits. E-commerce changes MSME to trade online by utilizing the internet and the web, so that e-commerce makes the buying and selling process not hindered by distance and time. This change has led to the emergence of Fintech (Financial Technology). Many MSME have gone out of business because they cannot compete with MSME that can take advantage of technology in managing their businesses. This study aims to analyze the effect of e-commerce on fintech-based financial management at MSME in Kudus Regency, so it is hoped that e-commerce will have a role in increasing the competitiveness of fintechbased financial inclusion in Kudus Regency. The population used is the MSME in Kudus district. The sample selection using the purposive sampling technique with the criteria for MSME who are members of the shopee community. This study uses linear regression analysis.


Keywords: Fintech, E-commerce, MSME

 

Perdagangan berbasis online mengubah paradigma perdagangan tradisional, melalui pertemuan antara konsumen dan pedagang berubah menjadi transaksi online tanpa batas jarak dan waktu. E-commerce  mengubah UMKM untuk melakukan perdagangan secara online  dengan memanfaatkan internet dan web, sehingga  e-commerce menjadikan proses jual beli tidak terhalang jarak dan waktu. Perubahan inilah yang mendorong munculnya Fintech (Financial Technologi). Banyak UMKM gulung tikar karena kalah bersaing dengan UMKM yang bisa memanfaatkan teknologi dalam mengelola bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh e-commerce terhadap pengelolaan keuangan berbasis fintech  pada UMKM di Kabupaten Kudus, sehingga diharapkan e-commerce mempunyai peranan dalam meningkatkan daya saing keuangan inklusif UMKM di Kabupaten Kudus berbasis fintech. Populasi yang digunakan adalah UMKM pelaku e-commerce di kabupaten Kudus dengan pemilihan sampel menggunakan metode Teknik purposive sampling dengan kriteria UMKM yang tergabung dalam komunitas shopee. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana.

Keywords: Fintech, E-commerce, UMKM


Full Text:

PDF

References


Ayunda Putri nilasari,dkk. 2019. Strategi pemberdayaan dan kontribusi UMKMdalam menghadapi ekonomi digital.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Rahardjo B., dkk. 2019. Pengaruh financial technologo ( fintech ) Iterhadap perkembangan UMKM di kota Magelang.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2016. https://www.bps.go.id.

Bank Indonesia. 2016. Financial Technology (Fintech) Analisa Peluang Indonesia dan Era Ekonomi Digital dari ASPEK Infrastruktur, Teknologi, SDM, dan Regulasi Penyelenggara dan Pendukung Jasa Sistem Pembayaran. Temu Ilmiah Nasional Peneliti Kemenkomino Bogor.

Cooper dan Emory. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : Erlangga

Dheasy Amboningtyas, dkk. 2019.Peran E,commerce I dalam meningkatkan daya saing keuangan inklusif UMKM di kota Semarang yang berbasis fintech

Edi Purwo Saputo,dkk. 2019. Dilema dan resiko dalam adpsi fintech

Ghozali I, 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Semarang: Universitas Diponegoro.

Iriansyah, F. Y. 2016. Investree Mempertemukan Peminjam dengan Pemberi Pinjaman secara Online.

Irma Muzdalifah. Inayah Aulia dan Bella Gita. 2018. Peran Fintech dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif pada UMKM di Indonesia. Jurnal Masharif-Syariah Vol. 3, No. 1. Universitas Muhammadiyah Surabaya

Jony Wong. 2010. Internet Marketing for Beginners. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Kuncoro, M., 2013, Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi: Bagaimana Meneliti & Menulis Tesis?, Cetakan 1, Edisi revisi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Luckandi. Diardo. 2018. Analisis Transaksi Pembayaran Menggunakan

Fintech Pada UMKM di Indonesia: Pendekatan Adaptive Structuration Theory. Tesis. Universitas Islam Indonesia

Sarwono, J. 2015. Membuat Skripsi, Tesis dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM). Yogyakarta : ANDI.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2008. Tentang Koperasi dan UMKM




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jai.10.2.187-199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Akuntansi Indonesia
is published by Department of Accounting, Faculty of Economics Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia in collaboration with IAI KaPD.

Jl. Raya Kaligawe Km.4, PO BOX 1054/SM Semarang 50112
Website: http://fe.unissula.ac.id/
Email: jai@unissula.ac.id

ISSN: 2655-9552 (Online) | 0216-6747 (Print)
DOI : 10.30659/jai

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License