Peran self regulated learning dalam pembelajaran PAUD
Abstract
Pembelajaran anak usia dini merupakan proses interaksi antara anak, orang tua, atau orang dewasa lainnya dalam suatu lingkungan untuk mencapai tugas perkembangan. Interaksi yang dibangun tersebut merupakan faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Pembelajaran untuk anak usia dini bukan berarti anak harus disekolahkan pada umur yang belum seharusnya, dipaksa untuk mengikuti pelajaran yang akhirnya justru membuat anak menjadi terbebani dalam mencapai tugas perkembangannya. Pembelajaran untuk anak usia dini pada dasarnya adalah pembelajaran yang kita berikan pada anak agar anak dapat berkembang secara wajar. Perspektif psikologi humanistik dalam proses pembelajaran tidak lagi terpancang pada reward and punishment seperti yang dianut kalangan behavioristik, melainkan lebih bertumpu inner nature peserta didik. Proses pembelajaran akan berlangsung dengan menarik dan mencapai hasil yang optimal jika dalam mendesain dan mengelola proses pembelajaran memperhatikan dimensi ego involvement inner nature peserta didik. Untuk itu dalam perpsektif baru proses pembelajaran sangat mengedepankan peranan self regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Self Regulated Learning dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi proses belajar mengajar di PAUD dengan melibatkan peran guru sebagai fasilitator dan motivator bagi anak.
Â
Kata Kunci : Self Regulated Learning, Pembelajaran PAUD
Â
Kata Kunci : Self Regulated Learning, Pembelajaran PAUD
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.