Pengembangan Soal Matematika Kontekstual Berbasis Local Environment Berbantuan Aplikasi MathCityMap untuk Guru Matematika SMP

Enika Wulandari, Wulan Izzatul Himmah, Eka Safira Diamudrika, Zaharah Lu’luah

Abstract


Pengabdian ini dilatarbelakangi pentingnya guru Matematika SMP/MTs mengembangkan soal berbasis local environment dalam pembelajaran matematika. Pengabdian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan soal matematika berbasis local environment. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR). Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga Agustus tahun 2022. Sasaran pengabdian adalah guru-guru dari wilayah Kabupaten Semarang, Kota Semarang, dan Kota Salatiga yang berjumlah 20 orang. Spesifikasi peserta merupakan guru matematika yang mengajar di tingkat SMP/MTs yang relevan dengan pembelajaran menggunakan aplikasi MathCityMap. Kegiatan pengabdian Pelatihan Pengembangan Soal Berbasis Local environment untuk Guru SMP/MTs telah dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu pendefinisian masalah dalam pengembangan soal berbasis local environment, perencanaan pelatihan, pelaksanaan pelatihan, observasi pelaksanaan, refleksi, perencanaan berdasarkan hasil refleksi, dan perencanaan kegiatan (perbaikan). Kesimpulan dari kegiatan pengabdian yaitu 100% peserta memahami materi pelatihan dan sebagian telah mampu menyusun soal matematika berbasis local environment menggunakan aplikasi MathCityMap. Adapun 95% peserta merasa senang mengikuti pelatihan. Hal tersebut juga didukung dengan antusiasme peserta mengikuti materi dan melaksanakan praktik menyusun soal matematika berbasis local environment menggunakan aplikasi MathCityMap.

The background for this dedication is that SMP/MTs Mathematics teachers are not used to developing questions based on the local environment in learning mathematics. This service is carried out to improve teachers' abilities in developing local environment-based math problems. The community service method used is Participatory Action Research (PAR). This community service was carried out from May to August 2022. The target of the community service was teachers from the Semarang Regency, Semarang City, and Salatiga City areas, totaling 20 people. The specifications of the participants are mathematics teachers who teach at the SMP/MTs level which are relevant to learning using the MathCityMap application. Community-Based Question Development Training activities for SMP/MTs teachers have been carried out through several stages, namely defining problems in developing local environment-based questions, planning training for developing questions based on local environment, conducting training on developing questions based on local environment, observing the implementation of question-based development training local environment, reflection on the implementation of local environment-based question development training, planning based on the results of reflection, and activity planning (improvement). The result of the service activity is that the service target can develop questions using the local environment, especially using the MathCityMap application.


Keywords


: aplikasi MathCityMap; local environment; soal matematika kontekstual

Full Text:

PDF

References


Cahyono, A. N., & Ludwig, M. (2016). MathCityMap: Exploring Mathematics Around the City. 13th International Congress on Mathematical Education. https://www.researchgate.net/publication/309728124_MATHCITYMAP_EXPLORING_MATHEMATICS_AROUND_THE_CITY#full-text

Jayanti, M. D., Irawan, E. B., & Irawati, S. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5), 671-678. https://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.11092

Kurniasih, A. W. (2016). Budaya Mengembangkan Soal Cerita Kontekstual Open-Ended Mahasiswa Calon Guru Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5.

Lubis, D. A., Arianto, L., & Ma, I. (2021). Pembelajaran Matematika Budaya ( Etnomatematika ) Berbantuan Aplikasi Math City Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal of Educational Integration and Development Volume, 1(3).

Muhtarom, A. (2019). Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2). https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3261

Munaka, F., Zulkardi, & Purwoko. (2009). Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Kontekstual Melalui Cooperative Learning di Kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Pedamaran Oki. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1), 47–60.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1). https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Widjaja, A., & Matitaputty, S. (2018). Empowerment of Small Medium Enterprises through Student Participatory Action Research in Implementation of Accounting Information System. SHS Web of Conferences, 59. https://doi.org/10.1051/shsconf/20185901002

Zahrah, R. F., & Herman, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Masalah Kontekstual Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2). https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4229

Zulkardi, & Ilma, R. (2006). Mendesain sendiri soal kontekstual matematika. Prosiding KNM13 Semarang, 1–7.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.6.1.57-65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Enika Wulandari, Wulan Izzatul Himmah, Eka Safira Diamudrika, Zaharah Lu'luah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.