Customer Relationship Management Berbasis Digital pada UMKM di Desa Tengguli, Bangsri, Kabupaten Jepara

Khoirya Latifah, Rahmat Robi Waliyansyah, Nugroho Dwi Saputro, Mega Novita

Abstract


UMKM adalah tulang punggung perekonomian di Indonesia. Saat ini pemerentah melalui visi Presiden Jokowi sedang mencanangkan program UMKM GO Digital. Rata-rata UMKM di Desa Trengguli Bangsri Jepara saat ini masih menggunakan cara-cara yang tradisonal dalam melakukan pemasaran, penjualan dan promosi sehingga hasil yang diperoleh kurang optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut maka Tim Pengabdi memberikan pelatihan CRM E-Commerce untuk melatih softskill dan hardskill UMKM dalam mengembangkan inovasi digitalisasi UMKM sehingga mampu menguatkan pemasaran, penjualan dan promosi. Melalui pelatihan Customer Relationship Management (CRM) UMKM diharapkan mempunyai strategi bisnis dan pemasaran serta mampu menciptakan dan memelihara hubungan yang baik dengan pelanggan dan mengurangi kemungkinan pelanggan pindah ke kompetitor lain serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Hasil dari pelatihan ini berupa peningkatan hardskill dan softskill UMKM dalam membuat fitur CRM untuk UMKM antara lain adalah mengelola data pelangan, promosi produk-produk data penjualan dan pengelolaan layanan pelanggan yang digunakan untuk menyimpan pertanyaan customer dan mengelola review produk dari pelanggan untuk menciptakan hubungan yang baik dengan customer. Dengan beberapa fitur CRM tersebut maka diharapkan akan terjadi peningkatan dan penguatan pemasaran UMKM di Desa Bangsi Jepara. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan dan skill peserta dalam pelatihan ini mencapai 0.58 yang artinya adalah peningkatan yang bagus. Setiap peserta pelatihan mengalami peningkatan yang signifikan pengetahuan dan skill mereka dalam melakukan penjualan online.

MSMEs are the backbone of the economy in Indonesia. Currently, the government, through President Jokowi's vision, is launching the MSMEs GO Digital program. The average, MSMEs in Trengguli Bangsri Jepara Village are currently still using traditional methods of marketing, selling and promotion so that the results not optimal. One of the innovations is through marketing technology using E-Commerce CRM model. Customer Relationship Management (CRM) is a marketing strategy to create and maintain good relationships with customers and reduce the possibility of customers moving to other competitors. MSMEs must implement a business strategy to improve service to customers in order to add new customers by providing different services to pamper their customers. The features of this CRM for MSMEs include managing customer data, promoting product sales data and managing customer service which is used to store customer inquiries and manage product reviews from customers to create good relationships with customers. The increase in the average value of the abilities and sklills of participant in this training reached 0.58 which means a good increase. With some of these CRM features, it is hoped that there will be an increase and strengthening of MSMEs marketing in Bangsi Village, Jepara.

 


Keywords


Digital Marketing; E-Commerce; CRM; MSMEs

Full Text:

PDF

References


Bajdor, P. (2021). Simulations of the relationship between the experience level of e-commerce customers and the adopted variables - Implications for management in the area of online shopping. Procedia Computer Science, 192, 2576–2585. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.09.027

Chaithanapat, P., Punnakitikashem, P., Khin Khin Oo, N. C., & Rakthin, S. (2022). Relationships among knowledge-oriented leadership, customer knowledge management, innovation quality and firm performance in SMEs. Journal of Innovation and Knowledge, 7(1), 100162. https://doi.org/10.1016/j.jik.2022.100162

Djatnika, T., & Gunawan, A. I. (2021). Perspektif Adopsi Media Sosial Sebagai Implementasi Teknologi Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) Pada UMKM. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 7(2), 78–87. https://doi.org/10.31940/bp.v7i2.78-87

Guerola-Navarro, V., Oltra-Badenes, R., Gil-Gomez, H., & Iturricha Fernández, A. (2021). Customer relationship management (CRM) and Innovation: A qualitative comparative analysis (QCA) in the search for improvements on the firm performance in winery sector. Technological Forecasting and Social Change, 169. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.120838

Hatibie, I. K. (2018). Studi Literatur Kepada Tiga Penelitian CRM, DMO dan Implikasi Media Sosial Terhadap Travel Planning. TULIP (Tulisan Ilmiah Pariwisata), 1(2), 1–26.

Khoa, B. T. (2022). Dataset for the electronic customer relationship management based on S-O-R model in electronic commerce. Data in Brief, 42, 108039. https://doi.org/10.1016/j.dib.2022.108039

Kusumawardhani, A., & Sartana, B. T. (2018). Analisa Dan Perancangan Mobile Customer Relationship Management (M-CRM) Berbasis Android Studi Kasus Aplikasi Peduli Sekitar. Jurnal Idealis, 1(5), 169–176. http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1001

Rifai, M., Rosidi, A., & Syahdan, S. a. (2015). Analisis E-CRM (Electronic-Customer Relationship Management ) Pada Showroom PT . Tropica Nucifera Industry Yogyakarta. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 5(1), 1–12.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.4.2.185-192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Khoirya Latifah, Rahmat Robi Waliyansyah, Nugroho Dwi Saputro, Mega Novita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.