Penyusunan Laporan PTK bagi Guru SMP Negeri 13 Pekalongan

Sayyidatul Karimah, Rini Utami, Erwan Kustriyono, Nurina Hidayah

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masayarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan laporan peneltian tindakan kelas (PTK). Peserta pelatihan ini merupakan guru di SMP Negeri 13 Pekalongan yang berjumlah 30 orang. Pelatihan dilakukan secara daring dan luring selama tiga kali pertemuan yang bertujuan menghasilkan laporan PTK sesuai permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing guru. Hasil pelatihan menunjukan guru harus lebih meningkatkan pemahamannya terutama terkait mengidentifikasi permasalahan pembelajaran, menganalisis hasil PTK dan meningkatkan kesadaran dalam melaksanakan PTK.

This community service activity aims to provide training and assistance in the preparation of classroom action research reports (CAR). The participants of this training are teachers at SMP Negeri 13 Pekalongan, totaling 30 people. The training was conducted online and offline for three meetings aimed at producing CAR reports according to the problems faced by each teacher. The results of the training show that teachers must further improve their understanding, especially regarding identifying learning problems, analyzing CAR results and increasing awareness in implementing Classroom Action Research.


Keywords


PTK; Classroom Action Research

Full Text:

PDF

References


Auliya, R. N., & Adnyani, L. P. W. (2021). Sosialisasi Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Untuk Pengembangan Keterampilan Profesional Guru Sd. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 85. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i1.9129

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Publikasi Pendidikan, 10(1), 8. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.9752

Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi. (2009). Peraturan Menteri PAN Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Muhammad Nasirun, Indrawati, A. S. (2021). Studi Tingkat Pemahaman Guru PAUD Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Muhammad. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 26–36.

Mulyatiningsih, E. (2009). Modul Pelatihan Pendidikan Profesi Guru Fakultas Teknik Universitas Negri Yogyakarta. Bandung Rosdakarya, 1–22. staff.uny.ac.id

Nurani, R. Z., Febriani, W. D., & Wakih, A. A. (2020). Pelatihan Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sekolah Dasar Gugus Ii Kecamatan Singaparna. Journal of Empowerment Community, 2(1), 92–96.

Rogamelia, R., Rahmawati, F., & ... (2020). Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Calon Guru di SMA Adiguna Bandar Lampung. Adiguna: Jurnal …, 2(1), 8–13. http://www.stkippgribl.ac.id/jurnal/index.php/adiguna/article/view/733

Susanti, E., Scristia, Aisyah, N., Hiltrimartin, C., Hartono, Y., Somakim, Meryansumayeka, Araiku, J., Pratiwi, W. D., Kurniadi, E., & Saputri, N. W. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Matematika. Jurnal Anugerah, 2(2), 93–100.

Undang-undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005, Tetang Guru dan Dosen. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. (n.d.).

Wardani, Karsiwan, Purwasih, A., Lisdiana, A., & Hamer, W. (2019). Pendampingan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Kabupaten Pringsewu. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 323–342.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.4.1.93-100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.