Penerapan Aplikasi TikTok Education Holistik Integratif di TK Tarbiyatul Athfal Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Jepara

Nur Afifah, Dhabitha Laviana Filza, Aulia Putri Salsabillah, Muhammad Nofan Zulfahmi, Eka Setya Budi

Abstract


Keberhasilan dalam pembelajaran baik dari segi kualitas maupun kuantitas sangat didukung dari pemilihan media pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu, pemilihan dan pengaplikasian media pembelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kesesuaian materi. Bahan ajar bagi Taman kanak-kanak harus bersifat simple, kreatif, dan inovatif agar dengan mudah diterima oleh anak didik. Seperti model pembelajaran perkembangan motoric di TK Tarbiyatul Athfal yang masih klasikal belum menampakkan hasil yang optimal. Maka dari itu perlu menggunakan berbagai media yang kreatif dan inovatif agar mampu memberikan stimulasi yang tepat dalam program pengembangan motoric seperti Tik Tok Education Holistik Integratif. Media Tiktok Education Holistik Integratif merupakan media yang berupa audio visual, media ini sebuah media sosial yang dapat dilihat dan juga dapat didengar. Berdasarkan pelatihan pembuatan media Tik Tok Education Holistik Integratif ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan pembelajaran perkembangan motorik di TK Tarbiyatul Athfal sebagai berikut: (1) Model pembelajaran pengembangan motorik kurang kreatif dan inovatif (2) Media pembelajaran pengembangan motorik masih terbatas jumlahnya..(3) Peserta didik kurang tertarik dan termotivasi pada kegiatan pembelajaran motorik yang diajarkan oleh guru. (4) Hasil capaian perkembangan pada materi gerak motorik belum mencapai standar capaian perkembangan anak yang optimal. dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masayarakat dalam pembuatan Tiktok Education Holistik Integratif sudah berhasil dilakukan. Target yang diinginkan dalam kegiatan pelatihan ini tercapai. Peserta sudah berhasil menggunakan aplikasi Tik Tok dan membuat konten pembelajaran dengan baik.


Keywords


Motorik, Pembelajaran, Tik Tok Education Holistik Integratif

Full Text:

PDF

References


Bechtold, S. W. (2017). The Cognitive Theory of Multimedia Learning: The Impact of Social Cues. In: Spector M., Lockee B., Childress M. (eds) Learning, Design, and Technology. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-17727-4_60-1.

Bohang, F. K. (2018, September 10). Tik Tok Punya 10 Juta Pengguna Aktif di Indonesia. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2018/07/05/09531027/tik-tok-punya-10-jutapengguna-aktif-di-indonesia

Dewanta, A. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa, IX(2), 79-85.

Kemendikbud, R. I. (2014). PermendikbudNomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan AnakUsia Dini.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran Media (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37 (1), 27–35.

Purnomo, P., & Sekar Palupi, M. (2016). PENGEMBANGAN TES HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN WAKTU, JARAK DAN KECEPATAN UNTUK SISWA KELAS V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 151-157.

Syafri, E. P., & Kulsum, U. (2021). TikTok; Media Pembelajaran Alternatif dan Atraktif pada Pelajaran PPKn Selama Pandemi di SMP Negeri 2 Mertoyudan. SEMINAR NASIONAL Dinamika Informatika 2021 Universitas PGRI Yogyakarta, 110-115.

Umar. (2014). MEDIA PENDIDIKAN:Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 131-144.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.4.1.83-92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.