Meningkatkan Motivasi dan Minat Diri Siswa SMA terhadap Dunia Perkuliahan melalui Webinar KKN

Ira Alia Maerani, Arif Setio Budi, Eksanti Eksanti, Imas Ayu Nurdiana, Dewi Martha Islahiyah, Puspita Muthia'tun Ni'mah

Abstract


Minat siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi cukup beragam. Sebagian memilih untuk tidak melanjutkan studi dengan bekerja atau bahkan menganggur. Banyak faktor yang menjadi penyebab siswa memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di antaranya yaitu adanya faktor ekstrinsik dan intrinsik. Salah satunya karena faktor ekonomi yang menonjol di masa pandemi Covid-19 ini. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan motivasi untuk menuntut ilmu, sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al Mujadilah: 11. Karenanya KKN XI UNISSULA Kelompok KKN 187 melaksanakan salah satu program pilihan yaitu webinar sebagai bentuk kegiatan aktif dan kreatif meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pendidikan terutama dalam hal ini dengan sasaran siswa siswi SMA/sederajat sebagai luaran implementasi pengabdian masyarakat. Webinar bertemakan, “Serba-serbi Dunia Perkuliahan dan Motivasi Belajar di Masa Pandemi.†dengan media room online yaitu google meeting. Peserta yang terdiri dari puluhan pelajar SMA di Kabupaten Rembang dan sekitarnya. Bahkan siswa SMA dari Cikarang, Tangerang, Salatiga dan Demak turut aktif dalam kegiatan ini. Webinar dilaksanakan sebagai wujud edukasi dan meningkatkan motivasi, minat, serta pandangan diri siswa terhadap dunia perkuliahan. Webinar ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana berjalannya kegiatan pendidikan dan berbagai pilihan keputusan yang dapat diambil oleh mahasiswa ketika menjalankan studi kepada siswa SMA/sederajat. Hasil penilaian feedback (umpan balik) menunjukkan bahwa animo peserta terhadap webinar didapatkan bahwa 93,8% partisipan mengungkapkan bahwa mereka termotivasi dan meningkatkan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan adanya acara webinar ini. Faktor motivasi yang diungkap oleh para pembicara adalah dorongan ukhrowi keyakinan bahwa Allah SWT akan mengangkat derajat mereka yang beriman dan berilmu. Oleh karena itu mereka tertarik untuk menentukan lembaga pendidikan yang lebih mendekatkan kecintaan dan ketakwaan mereka kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Motivasi selanjutnya adalah banyaknya tawaran beasiswa baik dari pemerintah maupun swasta bahkan lembaga amil zakat baik karena memiliki prestasi akademik maupun karena dilatarbelakangi keterbatasan ekonomi. 

The interest of high school students (SMA) in continuing their education to higher education is quite diverse. Some choose not to continue their studies by working or even unemployed. Many factors cause students to decide not to continue their education to higher education, including extrinsic and intrinsic factors. One of them is due to economic factors that stand out during the Covid-19 pandemic. The purpose of this activity is to increase motivation to study, as the word of Allah SWT in the Qur'an Surah Al Mujadilah: 11. Therefore, KKN XI UNISSULA Group KKN 187 carries out one of the selected programs, namely webinars as a form of active and creative activity to improve the quality of life. community through education, especially in this case with the target of high school students/equivalent as the output of community service implementation. The theme of the webinar is, “The World of Lectures and Motivation for Learning in a Pandemic Period.†with an online media room, namely Google Meeting. The participants consisted of dozens of high school students in Rembang Regency and its surroundings. Even high school students from Cikarang, Tangerang, Salatiga and Demak were actively involved in this activity. Webinars are held as a form of education and to increase students' motivation, interest, and self-view towards the world of lectures. This webinar aims to provide an overview of how educational activities work and the various decision choices that can be made by students when carrying out studies for high school students/equivalent. The results of the feedback assessment showed that the participants' interest in the webinar was found that 93.8% of the participants revealed that they were motivated and increased their interest in continuing their education to higher education with this webinar event. The motivational factor revealed by the speakers was the encouragement of ukhrawi belief that Allah SWT will elevate the degree of those who have faith and knowledge. Therefore, they are interested in choosing an educational institution that brings their love and piety closer to God Almighty. The next motivation is the number of scholarship offers from both the government and the private sector and even amil zakat institutions, both because they have academic achievements and because of economic limitations.


Keywords


Motivasi Diri; Minat; Kuliah; Webinar; KKN; Self-motivation; interests; webinars; community service

Full Text:

PDF

References


Apriyani, W. A., Sastrawan, A., & Rosyid, R. (2016). Analisis Faktor Penyebab Siswa Lulusan SMA Tidak Melanjutkan ke Perguruan Tinggi di Sintang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(7), 1–10.

Arifin, A. A., & Ratnasari, S. (2017). Hubungan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan motivasi belajar siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(1), 77-82.

Barokah, N., & Yulianto, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Self Efficacy, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi Dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 8(2), 434–452. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31498

Gunawan, I. G. D., Suda, I. K., & Primayana, K. H. (2020). Webinar Sebagai Sumber Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(2), 127–132.

Hamalik, P. D. O. (2012). Belajar dan Mengajar. Education, 9-52.

Uno, H. B. (2021). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Indriyanti, N., & Ivada, E. (2013). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNS.

Khadijah, S., Indrawati, H., & Suarman. (2017). Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 178–188.

Mansyur, A. I., Purnamasari, R., & Kusuma, R. M. (2019). Webinar sebagai Media Bimbingan Klasikal Sekolah untuk Seksual berbasis Online (Meta Analisis Pedagogi Online). Jurnal Bimbimngan Konseling Universitas Syiah Kuala.

Nuridin, N., Maerani, I. A., Soleh, M. M. A., & Anwar, K. (2019). Meningkatkan kompetensi kepala sekolah swasta di Kota Semarang berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018. Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 165-174.

LPPM Unissula. (2021). Pengantar Buku Panduan Pelaksanaan KKN Tematik Ber-BudAI – Periode XI Semester Gasal 2020-2021.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.3.1.85-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.