Kampanye Komunikasi Lingkungan melalui Media Tanaman di Desa Karangjompo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan

Trimanah Trimanah, Mubarok Mubarok, Genta Maghvira

Abstract


Desa Karangjompo di kecamatan Tirto adalah salah satu desa di Kabupaten Pekalongan yang terdampak banjir selama lebih dari 5 tahun. Salah satu penyebab banjir adalah buruknya perilaku warganya yang masih belum memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga kebersihan saluran drainase sehingga tidak berfungsi maksimal. Selain itu kebiasaan warga menggunakan air bawah tanah yang tidak terkontrol telah memperburuk terjadinya land subsidence yang memperparah banjir. Banjir telah merusak fasilitas umum dan rumah warga, serta telah mematikan berbagai tanaman dan tumbuhan yang ada. Desa menjadi minim penghijauan. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengajak warga melakukan penghijauan sekaligus memberikan informasi dan mengedukasi warga mengenai pentingnya menjaga lingkungan melalui kampanye komunikasi lingkungan dengan media tanaman. Evaluasi keberhasilan program dilakukan melalui diskusi yang melibatkan ibu-ibu anggota arisan. Dimana hasilnya menunjukkan bahwa secara umum warga telah menunjukkan perubahan sikap sampai pada tahap konatif, tetapi belum menunjukkan perubahan perilaku sebagaimana yang diarapkan.

Karangjompo village in Tirto sub-district is one of the villages in Pekalongan Regency that has been affected by flooding for more than 5 years. One of the causes of flooding is the bad behavior of the residents who still do not have high awareness to keep the drainage channels clean so that they do not function optimally. In addition, the uncontrolled habit of using underground water has led to land subsidence which has exacerbated flooding. The floods have damaged public facilities and residents' homes, and have killed various existing plants. The village has minimal greening. The purpose of this community service is to persuade residents to replant as well as inform and educate them about the importance of protecting the environment through a communication campaign with potted plants as media. Evaluation is carried out through discussions involving housewives who are members of arisan. The result was shows that society has changes in their attitudes to the conative stage, but has not shown in behavioral changes as expected.


Keywords


campaign; environmental communication; greening; potted plants media

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2007). Psikologi sosial. Rineka Cipta.

Archenita, D., Nengsih, S., Hamid, D., Natalia, M., & Misriani, M. (2015). Kajian Land Subsidence Untuk Perkuatan Tanah (Studi Kasus Sawahlunto). Jurnal Rekayasa Sipil Politeknik Negeri Andalas, 12(2), 10-18.

Asy'ari, Q. (2018). Analisis Dampak Sosial Ekonomi Pasca Bencana di Kabupaten Pamekasan (Studi Kasus Banjir, Longsor dan Kekeringan di Pamekasan 2007). J-MACC: Journal of Management and Accounting, 1(2), 153-168.

Karim, A. (2018). Mengembangkan kesadaran melestarikan lingkungan hidup berbasis humanisme pendidikan agama. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 309-330.

Kriyantono, R. (2014). Teori public relations perspektif barat dan lokal. Kencana Prenada Media Grup.

Mana, P. M., & Cangara, H. (2016). Strategi Komunikasi Kampanye Pengendalian Minuman Beralkohol (Perda Nomor 11 Tahun 2012) oleh Pemerintah Kabupaten Sikka. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 133-141.

Maulana, L. H., & Hendrawan, A. (2018). Kajian Perilaku Masyarakat Pesisir yang Mengakibatkan Kerusakan Lingkungan (Studi Kasus di Pantai Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap). Saintara: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 3(1), 28-38.

Palupi, T. (2017). Hubungan antara sikap dengan perilaku pro-lingkungan ditinjau dari perspektif theory of planned behavior. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 14, No. 1, pp. 214-217).

Prasetyo, Y., & Subiyanto, S. (2014). Studi Penurunan Muka Tanah (Land Subsidence) Menggunakan Metode Permanent Scatterer Interferometric Synthetic Aperture Radar (Ps-Insar) di Kawasan Kota Cimahi-Jawa Barat. Jurnal Teknik Geodesi Universitas Diponegoro: Semarang.

Ruslan, R. (2008). Kiat dan strategi kampanye public relations. PT. Rosdakarya.

Saefudin, A. (2008). Perkembangan Teknologi Komunikasi: Perspektif Komunikasi Peradaban. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(2), 383-392.

Setiadi, N. J. (2008). Perilaku konsumen (konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran). Kencana Prenada Media Grup.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.3.1.65-72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.