Pembelajaran PAI Berbasis Daring bagi Guru TK di Kecamatan Mranggen Demak

Khoirul Anwar, Choeroni Choeroni, Toha Makhshun

Abstract


Pada masa pandemi covid-19 sekarang ini, kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di semua tingkatan dan jenjang pendidikan, khususnya di tingkat taman kanak-kanak mengalami berbagai tantangan dan kendala. Di antaranya masih banyak guru yang mengalami kesulitan mengelola pembelajaran jarak jauh karena keterbatasan mereka dalam menguasai pembelajaran berbasis daring.  Sementara itu, kendala yang dihadapi orang tua murid adalah ketidaksiapan mereka dalam mendampingi anaknya dalam pembelajaran berbasis daring. Kondisi demikian menjadikan pelatihan pembelajaran berbasis daring bagi para guru dan orangtua murid sebagai salah satu solusi dalam mengatasi kendala pembelajaran di masa pandemi. Inilah yang menjadikan arti penting kegiatan pengabdian saat pendemi seperti sekarang ini bagi guru-guru yang menjadi garda terdepan dalam kegiatan pembelajaran. Metode dalam kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan cara pelatihan dan pendampingan. Hasilnya, para peserta mampu mempergunakan berbagai aplikasi pembelajaran daring. Implikasi yang diperoleh dari kegiatan ini adalah bertambahnya keterampilan menerapkan teknologi pendidikan dalam kegiatan pembelajaran berbasis daring bagi guru-guru TK di Kecamatan Mranggen-Demak. 

 

During the Covid-19 pandemic, distance learning activities (PJJ) at all levels and levels of education, especially at the kindergarten level, experience various challenges and obstacles. Among the many teachers who experience distance learning difficulties because of their limitations in mastering online-based learning. Meanwhile, schools that are related to students' parents are their unpreparedness in assisting children in online-based learning. This condition makes online-based learning training for teachers and parents of students as one of the solutions in overcoming learning problems during the pandemic. This is the important meaning of service activities during a pandemic like it is today for teachers who are at the forefront of learning activities. The method in this service activity is carried out by means of training and mentoring. As a result, the participants were able to use various online learning applications. The implication obtained from this activity is the development of the application of educational technology in online-based learning activities for kindergarten teachers in Mranggen-Demak District.


Keywords


Online teaching; Islamic learning

Full Text:

PDF

References


Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic. Journal of the American College of Cardiology, 75(20),2635-2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Alwiyah, D., & Imaniyati, N. (2018). Keterampilan Mengajar Guru dan Kesiapan Belajar Siswa sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal MANAJERIAL, 17 (1), 95. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9767

Arini, S., & Kurniawati, F. (2020). Sikap Guru terhadap Anak Usia Dini dengan Autism Spectrum Disorder. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2),639. https//doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.410

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Azzet, A. M. (2014). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Ar-Ruzz Media.

Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1050. https://doi.org/10.31004/ obsesi.v4i2.465

Kumalasari, D. (2018). Agama dan Budaya Sebagai Basis Pendidikan Karakter di Sekolah. Suluh Media.

Larlen, L. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Jambi, 3(1). https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1452

Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat Universitas Islam Sultan Agung Semarang. (2020). Buku Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat Internal Universitas Islam Sultan Agung Edisi Tahun 2020.

Mundiasari, & Setiawan. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Qomar, M. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Erlangga.

Rukajat, A. (2018). Manajemen Pembelajaan. Deepublish

Sujiono, S. Y. (2009). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Indeks.

Sum, T.A., & Taran, E.G.M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Wibowo, A. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (Konsep dan Praktik Implementasi). Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.3.2.145-152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.