Pengembangan Media BOGASA (Board Game Arab Raksasa) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa SMA

Deby Ayu Noormalasari, Toha Makhshun, Warsiyah Warsiyah

Abstract


Penelitian ini didasari karena adanya permasalahan membaca bahasa Arab pada siswa tingkat SMA salah satunya di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Penelitian ini berupaya mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan keterammpilan membaca siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang bernama BOGASA (Board Game Arab Raksasa). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dan desain penelitian menggunakan Research and Develophment (R&D) hingga tahap kelima yaitu revisi desain setelah validasi oleh ahli. Data penelitian ini diperoleh menggunakan non tes berupa wawancara, observasi, angket, dan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya media BOGASA (Board Game Arab Raksasa) dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab yang meliputi kosakata, materi, dan evaluasi yang dikemas dalam bentuk permainan. Kedua, penilaian ahli media dan guru dari seluruh aspek mendapatkan nilai rata- rata 90,5, berdasarkan paparan tersebut, maka dapat diketahui bahwa media pembelajaran BOGASA (Board Game Arab Raksasa) termasuk kategori sangat layak untuk digunakan. Ketiga, analisis SWOT buku pegangan siswa dengan media pembelajaran BOGASA yaitu masing- masing media mempunyai kekuatan dan kelamahan, kekuatan pada produk lama bisa dipertahankan sedangkan kelemahan pada produk lama dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan produk baru

Keywords


Media, BOGASA (Board Game Arab Raksasa), Keterampilan Membaca, Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Avianto dan Prasida. 2018. Pembelajaran Aksara Jawa Untuk Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Board Game. Jurnal Aksara. Volume 30, No 1, Juni 2018, hlm 136

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers

Daryanto, 2016. Media Pembelajaran (Perannya Sangat Penting dalam Memenuhi Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media

Effendy, Ahmad Fuad. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat

Hadjar, I. (2015). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Hermawan, Acep. 2013. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Makruf, Imam. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Semarang: Need’s Press

Mujib, Fathul dan Nailur Rahmawati. 2012. Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press

Nida Al Medina, dkk. 2019. The Arabic Advanture; Media Board Game untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs di Purbalingga. Jurnal Lisanul Arab. Volume 8, Nomor 1, hlm 59.

Nuha, Ulin. 2016. Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.

Rahman. Anwar Abd. 2017. Keterampilan Membaca Dan Teknik Pengembangannya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Diwan. Volume 3, Nomor 2.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Warsiyah, W., Athoillah, S., & Soqiluqi, A. (2023). Implikasi Kurikulum Merdeka Pada Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Pai. Jurnal Progress: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 11(1), 1-16.

Yunita, Y., Wibowo, W., & Aryanto, H. 2013. Perancangan Permainan Interaktif Melatih Manajemen Waktu Untuk Anak- Anak Berusia 6-8 Tahun. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna. Volume 1. Nomor 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v6i1.31099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.