Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Santriwati Di Pondok Pesantren Baitul Hikmah

Siti Sofiatul Munawaroh, Siti Nursyamsiyah, Dhian Wahana Putra

Abstract


Pendidikan merupakan penyaluran ilmu yang diberikan oleh guru kepada anak didiknya baik melalui kegiatan formal ataupun non formal. Ada banyak sekali pembelajaran yang harus di berikan oleh guru, diantaranya ialah public speaking.Public Speaking merupakan suatu kegiatan untuk melatih kemampuan dan keterampilan lisan yang perlu diasah dengan sering berlatih secara langsung di depan publik. Dengan melihat tingkat kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi sangatlah minim. Oleh karena itu perlunya pembelajaran dan pelatihan dalam public speaking. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang harus di dampingi langsung oleh guru Pendidikan Agama Islam. Dalam melaksanakan public speaking bisa dengan menggunakan beberapa metode diantaranya dengan metode impromtu, memoriter, naskah, dan ekstemporan. Oleh karena itu penelitian yakni peran guru dalam kegiatan public speaking di Pondok Pesantren Baitul Hikmah ini sangat membantu suksesnya kegiatan ini, karena para guru tersebut membimbing, mengajar, memotivasi dan juga memberikan evaluasi pada kegiatan tersebut. Oleh karena itulah kegiatan public speaking di Pondok Pesantren Baitul Hikmah berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan kegiatan tersebut.

Keywords


peran guru, PAI, public speaking, santriwati

Full Text:

PDF

References


Anwar, Maria Rahayu. 2019. “Guru PAUD Dan Kemampuan Public Speaking Di Era MEA.†Jurnal Lonto Leok 2 (1): 56–61. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jilpaud/article/view/338/227.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.

Imptomptu, Public Speaking, Mita Tsalisa, Putri Ramadani, Program Studi, Komunikasi Dan, Fakultas Dakwah, D A N Komunikasi, Universitas Islam, and Negeri Sunan. 2020. “PUBLIC SPEAKING IMPTOMPTU (Studi Dakwah Ustadz Edi Warsito Di Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda Surabaya).â€

Magdalena, I., A. Salsabila, A. Krianasari, D., and F. Apsarini, S. 2020. “Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas IIII SDN Sindangsari III.†Jurnal Pendidikan Dan Dakwah 3 (1): 119–28.

Manab, H. Abdul. 2015. Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nursyamsiyah, Siti. 2021. Manajemen Pendidikan (Suatu Pendekatan Teoritik). Malang: CV Ismaya Berkah Group.

Putra, Ricky Widyananda, and Jeanie Annissa. 2021. “Peningkatan Kepercayaan Diri Dengan Public Speaking Untuk Program Berita Bagi Pelajar Sekolah Pkbm Bakti Asih Ciledug Tangerang.†BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (4): 970–76. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1624.

Setyonegoro, Agus. 2013. “Hakikat, Alasan, Dan Tujuan Berbicara (Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa).†Jurnal Pena 3 (1): 76.

Wahyudin, Rifky. 2021. “Jurnal Pendidikan Mutiara.†Stkipmutiarabanten.Ac.Id 6 (1): 5–16. https://stkipmutiarabanten.ac.id/wp-content/uploads/2021/04/Volume-5-Nomor-1-1-September-2019.pdf.

Wincy Firdaus, M. Hum. 2014. Wirausahawan Yang Komunikatif. Bandung: Makrifat.

Wulandari, Tine A. n.d. “Metode Public Speaking.â€

Yestiani, Dea Kiki, Nabila Zahwa, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. n.d. “PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN†4: 41–47.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.5.2.142-152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.