Analisis Tingkat Kognitif Soal Pendidikan Agama Islam Tingkat SMA Berbasis Assesmen Kompetensi Minimum

Nilna Rahmayanti, Mohammad Affandi

Abstract


Artikel penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan butir soal penilaian akhir tahun (PAT) Pendidikan Agama Islam berbasis AKM tahun pelajaran 2020-2021 berdasarkan taksonomi Bloom edisi revisi. Permasalahahan 1)banyaknya peserta didik yang belum bisa mengembangkan kemampuannya, berpikir kritis, memecahkan masalah, dan bekerja sama dengan baik sebagai bentuk hasil penilaian/evaluasi yang didasarkan pada butir soal level LOTS dan 2) AKM menuntut peserta didik untuk menguasai konten, konteks, dan kompetensi di ranah kognitif yang beragam guna memecahkan atau menyelesaikan yang ada dan mengembangkan potensi diri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan tingkat kognitif butir soal penilaian akhir tahun (PAT) Pendidikan Agama Islam kelas X tahun pelajaran 2020-2021 berbasis AKM yang didasarkan pada ranah kognitif taksonomi Bloom Revisi. Variabel dalam penelitian ini adalah tingkat kognitif butir soal pada penilaian akhir tahun (PAT) Pendidikan Agama Islam kelas X tahun pelajaran 2020-2021 berbasis AKM. Hasil temuan soal penilaian akhir tahun (PAT) Pendidikan Agama Islam kelas X tahun pelajaran 2020-2021 berbasis AKM dengan 5 bab pembelajaran, berada pada ranah kognitif level C1 sampai C4. Di mana soal level kognitif C1 lebih mendominasi dari 25 butir soal dengan persentase sebesar 44%. Sedangkan pada level kognitif C2 dan C3 hanya 12%, dan C4 sebesar 32%. Kemudian untuk level C5 dan C6 tidak ditemukan di dalam soal tersebut.

Keywords


Cognitive Level Qustions, Islamic Religious Education, Bloom's Taxonomy

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W. Krathwohl, D. 2015. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran,dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

BSNP. 2014. Instrumen PenilaianBuku Teks Pelajaran. Jakarta:Badan Standar Nasional Pendidikan.

D, Rahmawati, dkk. 2018. “Analisis Aspek Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Pada Instrumen Penilaian Materi Prostista untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X”. Jurnal Biodik. Vol 4. No. 1.

Fatonah, S. 2005. Aplikasi Aspek Kognitif (teori Bloom) dalamPembuatan Soal Kimia. Jurnal Kauni, Vol.1, II.

Kemendikbud. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Kemendikbud. 2020. AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran

Kemendiknas. 2006. PeraturanMenteri Pendidikan NasionalNo. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Marzano, R. 2000. Desain Proye kEfektif: Kerangka KerjaKecakapan BerpikirTaksonomi Baru Marzano.United States: Intel TeachProgram andAssessingProject.

Nurjannah, Siti. 2019. Analisis Kualitas SoalPenilaian Akhir Semester Mata Pelajaran PAI danBudi Pekerti SMP Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2018/2019 Persfektif HOTS. Skripsi S1 FakultasTarbiyah Dan IlmuKeguruan. IAIN Purwokerto

Purwanto, M. N. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik EvaluasibPengajaran. Jakarta:Rosdakarya.

Rahmawati D, dkk. Analisis Aspek Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Pada Instrumen Penilaian Materi Prostista untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Jurnal Biodik. Vol 4. No. 1. 2018. 9

Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses BelajarMengajar.Jakarta: Rosdakarya.

Widodo, Tri. Kardawati, Sri. 2013.Higher Order ThinkingBerbasis Pemecahan Masalahuntuk Meningkatkan HasilBelajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan,Th. XXXI, No 1, hlm. 162.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v4i1.17419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.