PENDEKATAN KUALITATIF: MODEL PENYALURAN ZAKAT YANG EFEKTIF DI LEMBAGA AMIL ZAKAT

Sasti Anjana Widhyasti

Abstract


Kemiskinan di Indonesia masih menjadi masalah besar yang membutuhkan penanganan serius. Islam memiliki instrumen khusus untuk mengatasi masalah ini melalui zakat. Manfaat zakat bsa dirasakan jika disalurkan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah menemukan model penyaluran zakat yang efektif melalui pendekatan kualitatif beruapa wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk menentukan jumlah sampel yang terdiri dari 9 Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Kota Semarang, Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selain berbasis program, peningkatan kualitas hidup mustahik dapat ditingkatkan melalui penyaluran zakat yang efektif, yaitu tidak ada zakat zakat yang mengendap, waktu penyaluran tidak lebih dari tiga bulan setelah pengumpulan, pemberian zakat dan desain program sesuai dengan kebutuhan mustahik, zakat dan programnya. Berharga, adanya penghematan uang untuk program-program produktif yang telah berjalan, berbasis data, terealisasi sesuai rencana, tepat sasaran dengan menerapkan strategi kolaborasi, sesuai arahan BAZNAS, sesuai SOP, survei dan wawancara, controlling, dan evaluasi.


Full Text:

PDF

References


Abu Bakar, MH (2011). Menuju Pencapaian Kualitas Hidup dalam Pengelolaan Penyaluran Zakat kepada Penerima yang Sah (Miskin dan Membutuhkan). Jurnal Internasional Bisnis dan Ilmu Sosial, 237-245.

Ahmad Fahme Mohd Ali, Z. b. (2013). Dampak Penyaluran Zakat pada Penerima Miskin dan Membutuhkan: Analisis di Kelantan, Malaysia. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dasar dan Terapan Australia, 177-182.

Ahmad, RR, Othman, AA, & Salleh, MS (2015). Menilai Tingkat Kepuasan Penerima Zakat Terhadap Pengelolaan Zakat. Procedia Economics and Finance, 140-151.

Al Fiazin, AW, & Akbar, N. (2018). Tafsir Ekonomi Kontemporer: Menggali Teori Ekonomi dari Ayat-Ayat Al-Qur'an. Jakarta: Gema Insani.

Al Haq, MA, & Wahab, NA (2017). Distribusi Zakat yang Efektif: Menyoroti Beberapa Masalah dan Kesenjangan Di Kedah, Malaysia. Jurnal Ekonomi Islam, 259 - 288.

Ali, KM, Amalia, NN, & Ayyubi, SE (2016). Perbandingan Zakat Produktif dan Zakat Konsumtif dalam meningkatkan Kesejahteraan Mustahik. Al-Muzara'ah, 19-32.

Al-Utsaimin, SS (2008). Ensiklopedi Zakat "Kumpulan fatwa zakat Syaikh Muhammad Shalih al-Utsaimin". Jakarta: Pustaka As-Sunah.

Fatimah Sakeenah Anuar, NM (2019). Praktek Manajemen Keuangan dan Kinerja Lembaga Zakat di Malaysia. Jurnal Penelitian dan Praktik Akuntansi dan Manajemen Sektor Publik, 1-16.

Ismail, I. b., & Hussain, M. b. (2017). Distribusi Zakat Produktif oleh Lembaga Zakat di Malaysia. Jurnal Internasional Penelitian Akademik dalam Bisnis dan Ilmu Sosial, 554-565.

Johari, F., Ab. Aziz, MR, Ibrahim, MF, & Mohd Ali, AF (2014). Pembagian Zakat dan Program Pemeliharaan Keyakinan dan Pikiran Muallaf. Sains Humanika, 66 (1).

Mohd Ali dkk, AF (2013). Dampak Penyaluran Zakat pada Penerima Miskin dan Membutuhkan: Analisis di Kelantan, Malaysia. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dasar dan Terapan Australia, 177-182.

Permana, A., & Baehaqi, A. (2018). Manajemen Pengelolaan Lembaga Amil Zakat Dengan Prinsip Good Governance. Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 117-131.

Rahman, RA, & Omar, NB (2012). Zakat dan Pengentasan Kemiskinan: Peran Lembaga Zakat di Malaysia. Jurnal Internasional Seni dan Perdagangan, 61-72.

https://www.infojabodetabek.com/10-negara-dengan-penduduk-terbanyak-di-dunia/

https://www.ibec-febui.com/distribusi-zakat/




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ekobis.22.1.59-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Ekonomi dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats