IMPLIKASI REVOLUSI INDUSTRI TERHADAP LINTAS GENERASI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Binti Nurhayati

Abstract


Tubuh pendidikan Islam membutuhkan reformasi agar mampu menjawab tantangan-tantangan yang dihadirkan dari perubahan zaman. Implikasi dari perubahan era bagi dunia pendidikan pasti memberikan paradigma pada setiap logika bahwa era revolusi industri ini memunculkan fenomena disrupsi (disruption) yang mengharuskan pendidikan Islam memiliki solusi yang dapat ditawarkan agar pendidikan Islam mampu menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Pendidikan Islam dihadapkan dengan tantangan untuk meningkatkan potensi pelaku pendidikan sehingga menghadirkan peluang-peluang untuk bisa meraungi lokomotif perubahan. Tawaran solutif yang bisa direkomendasikan yaitu menghadirkan literasi baru agar bisa lebih membuka pengetahuan dan juga berpengaruh pada sikap dan karakter, pembaharuan (upgrade) sistem, SDM, dan KBM agar pendididkan Islam mampu menghasilakn output-output yang siap terjun dalam kehidupan era disrupsi. sintesis dan sinergisitas revolusi indusri 4.0 ini sebagai batu loncatan agar pelaku tidak hanya sekedar menjadi penonton melainkan pemain yang berkualitas dan memunculkan wajah baru generasi pendidikan Islam yang unggul dan siap mendisrupsikan diri menjadi lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Barbas, M., Loureiro, A., Messias, I., & Pacheco, N. (2015). Visualyzart Project - The Role In Education. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.256

Esturgo, E., & Sala-Roca, J. (2009). Disruptive Behaviour Of Students In Primary Education and Emotional Intelligence. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.tate.2009.10.020

Hamidi, F., Bagherzadeh, Z., & Gafarzadeh, S. (2010). The Role Of Islamic Education In Mental Health. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.420

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Idoia, E., & Oskoz, A. (2017). Writing With 21st Century Social Tools In The L2 Classroom: New Literacies, Genres, and Writing Practices. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.jslw.2017.04.002

Munastiwi, E. (2015). The Management Model of Vocational Education Quality Assurance “Using Holistic Skills Education (Holsked).” Elsevier Ltd, 218–230. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.144

Pincus, K. V., Stout, D. E., Sorensen, J. E., Stocks, K. D., & Lawson, R. A. (2017). Forces For Change In Higher Education and Implications For the Accounting Academy. 1–18. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2017.06.001

Smith, B., & Magnani, J. (2019). New Technologies, New Disparities: The Intersection Of Electronic Health and Digital Helth Literacy. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.ijcard.2019.05.066

Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4.0 Berbasis Revolusi Mental. 1, 102–110.

Svagzdiene, B., Jasinskas, E., Simanavicius, A., Bradauskiene, K., & Vveinhardt, J. (2015). Social Competence Of Aesthetic Education Of Sport Industry Managers: Fundamentality and Innovations Synergies. 348–353. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.148

Waghid, Y. (2010). Islamic Education. Elsevier Ltd.

Ziai, J. M., & Smith, B. (2012). Pathology Resident And Fellow Education In A Time Of Disruptive Technologies. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.cll.2012.07.004




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/cois.v0i0.8076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.