PEMBELAJARAN FIQIH KEBINEKAAN SEBAGAI PREVENSI MASIFIKASI SISTEM KHILAFAH DI PERGURUAN TINGGI

Abdul Wahib, Sunardi Sunardi, Dwi Ari Kurniawati

Abstract


Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami implementasi model pembelajaran fiqih kebinekaan sebagai prevensi masifikasi atau meluasnya paham atau system khilafah di perguruan tinggi. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Adapun teknik pengumulan datanya berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dicapai mendeskripsikan, bahwa pembelajaran fiqih kebinekaan dilakukan di perguruan tinggi dengan cara mentransformasikan, menginternalisasikan, dan memprogresifitaskan doktrin keragaman  seperti masalah pluralisme multikulturalisme atau heteroginisme yang berelasi dengan kepentingan asasi atau fundamentalitas manusia atau kelompok satu dengan lainnya, bahwa secara substantif hidup di negara Indonesia ini merupakan “anugerah” dan bukan “musibah”, sehinga seluruh subyek bangsa ini berkewajiban menerima realitas kebinekaan sebagai kekayaan besar bangsa untuk dijaga secara fisik, konstitusionalitas negara,  maupun intelektualitas. Model pembelajaran ini sebagai bagian dari upaya preventif dalam menjawab problem masifikasi paham khilafah, yang memang menjadi fenomena, setidaknya di perguruan tinggi tertentu atau kelompok elite edukatifnya, yang berani menunjukkan klaim kebenaran dan mendeklarasikan mengenai urgensinya sistem khilafah sebagai pilihan ideologis atau sistem dalam mewujudkan konstruksi ketatanegaran yang benar.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Tafsir, 2006, Filsafat Pendidikan Islam,: Bandung: Remaja Rosdakarya.

Azyumardi Azra, 1998, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasasi Menuju Millennium Baru,: Jakarta: Logos wacana ilmu.

Djumhur dan Danasaputra, 1976, Sejarah Pendidikan. Bandung: CV. Ilmu/

Hairus, dkk, 2016, Pendidikan Kewargaanegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Bangsa, Jakarta: Nirmana Media.

Hari Chand, 1994, Modern Jurisprudence, Kualulumpur: International Book Services.

Halimin Suhas, 2017, Mewujudkan Jalan Pencerahan, Jakarta: Hilman Media.

Hasan Langgulung, 1980, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’rifat.

M. Tholhah Hasan, 1987, Islam dalam Perspektif Sosial Budaya, Jakarta: Galasa Nusantara.

M. Arifin, 1987, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Aksara.

Sahal Mahfud, 1994, Nuansa Fiqh Sosial, Yogyakarta: LKIS.

Makalah dan Internet

Abdurrahman Wahid, NU dan Pancasila, http://www.gusdur.net/id/gagasan/gagasan-gus-dur/nu-dan-pancasila, akses 15 Juni 2019.

Febri Hijroh Mukhlis , Pentingnya Pendidikan Kebinekaan, 24 Mei 2017.

http://www.nu.or.id/post/read/55557/khilafah-dalam-pandangan-nu, akses 15 April 2018.

Moh. Mahfud, MD, "Menolak Ide Khilafah", https://nasional.kompas.com/read/2017/ 05/26/15370351/menolak.ide.khilafah, akses 25 Agustus 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/cois.v0i0.8073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.