TANTANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA DISRUPSI

Samsudin Samsudin

Abstract


Pesantren dikenal sebagai lembaga yang konsisten mengajarkan dan mengembangkan nilai-nilai Islam. Konsistensi pesantren meletakkan perannya sebagai lembaga pendidikan yang mampu mengikuti ritme perkembangan kini tengah dihadapkan pada fenomena disrupsi yang diditandai dengan terjadinya perubahan yang sangat cepat dan fundamental. Tantangan bagi dunia pesantren di era disrupsi adalah bagaimana menyiapkan santri yang mampu bertahan dan berkembang dalam era serba inovatif dan kreatif. Di tengah kondisi yang demikian, dimana masyarakat semakin diperkenalkan dengan perubahan-perubahan baru, eksistensi lembaga pendidikan pesantren tidak diragukan lagi mampu bersikap adaptif menerima dinamika kehidupan, bahkan menjadi alternatif bagi pelestarian nilai-nilai agama, etika, budaya, hingga tanggung jawab sosial karena nilai-nilai itulah yang menjadi kekuatan spiritual inteligensi dalam menghadapi era ketidakpastian. Melalui pendekatan fenomenologi dan logika reflektif, respons pesantren menghadapi dinamika perubahan makin tergambar dengan komprehensif.


Full Text:

PDF

References


Abdillah, Masykuri, “Pesantren Dalam Konteks Pendidikan Nasional dan Pengembangan Masyarakat”, dalam Pendidikan Untuk Masyarakat Indonesia Baru, Jakarta : Grasindo, 2002

A’la, Abd, Pembaruan Pesantren, Pustaka Pesantren, Yogyakarta, 2006

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kiai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Cet. IX; Jakarta: LP3ES, 2011.

Fadjar, Malik, Madrasah dan Tantangan Modernitas, Jakarta : Mizan, 1999

Junaidi, Mahfudz “Konsep Tujuan Pendidikan dalam Perspektif al-Quarn” dalam Ismail SM. (ed), Paradigma Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2001

H. Jumhur Sejarah Pendidikan, Bandung: CV Ilmu, 1976

Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.

Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi IV, Rake Sarasin, Yogyakarta, 2000

Muljono, Damopolii,. Pesantren Modern IMMIM Pencetak Muslim Modern. Jakarta: Rajawali Press, 2011.

Muthohar, Ahmad, Ideologi Pendidikan Pesantren, Pustaka Rizki Putra, Semarang, 2007

Putra Daulay, Haidar, Dinamika Pendidikan Islam, Citapustaka, Yogyakarta, 2004

Shidiq, Ahmad, “Tradisi Akademik Pesantren”, dalam Tadris Jurnal Pendidikan Islam, Vol 10 No. 5, 2015

Suriasumantri, Jujun S. Tradisi Baru Penelitian Agama Islam, Tt.,Pusjarlit dengan penerbit Nuansa

Syukri, Abdullah Zarkasyi, Pondok Pesantren sebagai Alternatif Kelembagaan Pendidikan untuk Program Pengembangan Studi Islam Asia Tenggara, Surakarta: Universitas Muhammadiyah, 1990




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/cois.v0i0.8063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.