PERPUSTAKAAN DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK SEKECAMATAN KARANGAWEN

sholeh sholeh

Abstract


Perpustakaan sekolah merupakan Ruang Pembelajaran Umum yang dimiliki oleh sekolah kejuruan yang keberadaannya sangat dibutuhkan dalam membantu memperlancar proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu sekali mengetahui seberapa berperannya perpustakaan sekolah dalam memperlancar proses pembelajaran terutama pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang mana pada saat ini dikenal dengan nama Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang dilihat dari fungsi perpustakaan sekolah, bahan koleksi perpustakaan sekolah, pelayanan yang dilakukan oleh perpustakaan sekolah dan pemanfaatan perpustakaan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi langsung dalam situasi yang wajar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan sekolah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK sekecamatan Karangawen adalah sebagai sumber belajar. Di mana perpustakaan sekolah di SMK sekecamatan ini berfungsi sebagai pusat penyimpanan bahan koleksi pembelajaran PAI, bahan koleksi yang dimiliki sebagai sumber belajar PAI berupa buku paket dan non buku paket, pelayanan yang dilakukan oleh perpustakaan sekolah di SMK sekecamatan Karangawen yaitu dalam hal peminjaman buku paket dan pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMK sekecamatan Karangawen adalah dalam hal penggunaan buku paket yang disedikan oleh perpustakaan sekolah dan sebagai tempat untuk mencari referensi dalam menyelesaikan tugasĀ  setiap pembelajaran tidak terkecuali dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/cois.v0i0.7993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.