EKONOMI DIGITAL: PELUANG DAN TANTANGAN MASA DEPAN TERHADAP EKONOMI SYARIAH DI INDONESIA

Shinta Maharani, Miftahul Ulum

Abstract


Munculnya inovasi teknologi dan digitalisasi ekonomi melalui media sosial ataupun shopping application mempengaruhi aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat. Sistem ekonomi berubah dari manual konvensional menjadi lebih modern. Konsepsi sederhana tentang perekonomian digital, meskipun belum baku adalah merupakan bagian dari output ekonomi yang menggabungkan teknologi multiguna berbasis internet yang diterapkan dalam model bisnis barang atau jasa digital yang variatif. Dukungan ekonomi syariah terhadap pertumbuhan pembiayaan melalui ekonomi digital serta pemberdayaaan ekonomi nasional oleh ekonomi syari’ah perlu didorong dan dimaksimalkan perannya dalam perdagangan berbasis elektronik (e-commerce). Principle based regulation dapat menjadi salah satu peran yang dapat diambil dalam mengembangkan inovasi produk syari’ah yang sedang trend melalui platform ekonomi digital. Dengan teknologi tersebut diharapkan mampu meningkatkan sektor pertumbuhan ekonomi syariah pada masyarakat Indonesia, yang dengannya, ekonomi syariah diharapkan sebagai jembatan sarana guna menuju inklusi keuangan dalam ekonomi digital, seperti; (a) keterjangkauan platform dalam segmen unbanked, (b) kuatnya kolaborasi antara penyedia jasa keuangan syariah melalui ekonomi digital, (c) meluasnya praktik perbankan syariah yang digitalize, dan (d) media bagi para regulator pengembangan ekonomi syariah, serta (e) tangga untuk tidak lagi pada tataran UMKM melainkan melalui startup. Upaya menumbuhkan entrepreneurship, inovasi dan pertumbuhan ekonomi, dapat menjadi peluang guna memperluas akses terutama pada inklusi ekonomi syariah. Selain itu ekonomi digital juga diharapkan sebagai wahana sharing informasi dalam meningkatkan layanan public dan atau layanan sosial serta teknologi baru yang diharapkan kehadirannya dapat kesempatan guna memberikan pelayanan ekonomi syariah prima, cepat dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Ni Made Savitri dan Yasa, Ni Nyoman Kerti, 2012, “E-Service Quality terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan dalam Penggunaan Internet Banking,” Jurnal Keuangan dan Perbankan Vol.16, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Kominfo.go.id, 2019, “Indonesia Akan Jadi Pemain Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara” dalam https://kominfo.go.id/index.php/content/ detail/6441/Indonesia+Akan+Jadi+Pemain+Ekonomi+Digital+Terbesar+di+Asia+Tenggara/0/berita_satker, diakses pada tanggal 25 Mei 2019 jam 09.37.

Kotler, Philip, 2005 Manajemen Pemasaran Ed. 11, Jilid 1, Jakarta: PT. Indeks.

Liputan6.com, 2019, “Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia” dalam https://www.liputan6.com/tekno/read/2957050/pertumbuhan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia, diakses pada tanggal 25 Mei 2019 jam 09.35.

Rahayu, Ayu Sri Rahayu, 2018 “Pengaruh Biaya Iklan dan Biaya Promosi terhadap Volume Penjualan Mobil Avanza pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin di Kota Makassar,” Jurnal Ekonomi, Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sunyoto, Danang, 2015, Perilaku Konsumen dan Pemasaran: Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen, Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service.

Swastha, Basu, 2001 Manajemen Penjualan, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Wulandari, Andhita Dessy, 2017, Aplikasi Statistika Parametrik dalam Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Felicha.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/cois.v0i0.7981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.