Investors’ Reaction To Csr Disclosure: Evidence From Indonesia

Salim Darmadi, - Gunawan

Abstract


Penelitian ini bermaksud mengetahui bagaimana reaksi investor pasar modal terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada perusahaan-perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Selain melihat ukuran pengungkapan CSR secara agregat, studi ini juga menggunakan ukuran pengungkapan CSR secara disgregat, yang meliputi empat dimensi (pemberdayaan masyarakat, produk, hubungan dengan karyawan, dan lingkungan hidup). Berdasarkan informasi yang diungkapkan dalam laporan tahunan 2008 dan 2009, sampel studi ini terdiri ini terdiri dari perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam sektor-sektor industri high-profile. Hasil pengujian empiris menunjukkan bahwa pengungkapan CSR secara agregat tidak direspons oleh investor secara signifikan, namun masing-masing dimensi CSR mendapat respons yang berbeda-beda. Investor cenderung bereaksi positif terhadap pengungkapan terkait pemberdayaan masyarakat dan lingkungan hidup, sedangkan reaksi negatif terdapat pada pengungkapan terkait hubungan karyawan. Karena perusahaan-perusahaan yang lebih besar memiliki tingkat visibilitas yang tinggi, studi ini juga meneliti apakah ukuran perusahaan berperan signifikan dalam menjelaskan reaksi pasar terhadap pengungkapan CSR.
Keywords:Corporate social responsibility, disclosure, Indonesia, market reaction, stock returns

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.