Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan dan Perundungan Melalui Bimbingan Konseling Islami di MAN 2 Pati

Fitriya Agustin Nazeli

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis jenis-jenis perundungan yang dilakukan peserta didik, upaya pencegahan dan penanggulangannya melalui bimbingan konseling Islami di MAN 2 Pati. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, waktu dan teknik. Teknik análisis datanya meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk perundungan yang terjadi di MAN 2 Pati meliputi perundungan verbal dan non-verbal atau fisik. Upaya pencegahan dan penanggulangan kekerasan dan perundungan melalui bimbingan konseling Islami di MAN 2 Pati sudah terlaksana dengan baik melalui memanggil dan memberi nasehat secara pribadi, menerapkan program stop bullying di lingkungan madrasah, memberikan al-mau’izhoh al- hasanah, memberikan arahan terkait kesabaran dan memberikan maaf (Ta’limus Shobri Wal A’fwu), memberikan keteladanan, memberikan hukuman yang mendidik, melakukan kolaborasi dengan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Isalam dan orang tua siswa, melatih siswa untuk berani melaporkan ketika dibulli. Hasilnya menjadikan kasus perundungan di madrasah yang menurun, kepercayaan diri siswa menjadi meningkat, dan tumbuhnya sikap saling memaafkan.



Keywords


bimbingan konseling Islami, kekerasan, perundungan

Full Text:

PDF

References


Aisah, Elis Nur, Luthfiyah Masrukhanb, Nanin Diah Kurniawatic, Asep Sunandard, Jauharie, and Amir Tengku Ramly. “Model Konseling Islam Dalam Menangani Korban Bullying Pada Remaja Model of Islamic Counseling in Handling Adolescent Bullying Victims.” Jurnal Ilmiah Pascasarjana 4, no. 1 (2024).

Aji Budiarso. “Efektivitas Penggunaan Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan 3, no. 1 (2023): 52–64. https://doi.org/10.51903/education.v3i1.289.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revi. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Fauziyah, N. “Program Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Sebagai Pencegahan Bullying Di Sekolah.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam 3, no. 1 (2022): 39–52.

Gumawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Kadafi, Asroful. Pedoman Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Islami Di Sekolah.

Madium: UNIPMA Press, 2019.

Munawwaroh, Azizah. “Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 2 (2019): 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363.

Muzakkir, M. Yusuf T, Nurismi, and Rismawati MS. “Penerapan Metode Nasihat Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengerjakan Ibadah Salat Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas.” Al Asma : Journal of Islamic Education 4, no. 2 (2022): 110. https://journal.uin- alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/30304/15959.

Putri, H, s, B Febriana, and W, E Setyowati. “Hubungan Antara Peran Kelompok Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying (Korban) Pada Remaja The Correlation Between The Role Of Peer Group And Bullying Behavior (Victims) In Teenagers.” Jurnal Ilmiah Sultan Agung 05 (2023): 263–70.

Safitri, Annisa, Maesya Sidiqoh, Sherly Descaderia, Aida Sumardi, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ahmad Dahlan, Kec Ciputat Timur, and Kota Tangerang Selatan. “Pencegahan Bullying Terhadap Lingkungan Sekolah Di SMP Negeri 21 Kota Tangerang Selatan.” Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ, 2023, 1–6.

Setyowati, W E, B Febriana, and ... “Gambaran Persepsi Guru Terhadap Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah.” Jurnal Ilmiah Sultan …, 2022, 718–26. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/JIMU/article/view/26808.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Wirawati, Karunianingtyas, and Tri Sakti Widyaningsih. “Increasing the Awareness of the School Community towards Bullying Prevention at MI Unggulan Darul Ulum Semarang Usia Sekolah Adalah Usia Dimana Mulai Senang Berteman Dengan Sebayanya , Berperan Dalam Kegiatan Kelompok , Menyelesaikan Masalah Secara Mandir” 1, no. 1 (2023): 24–30.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.3.2.122-129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.