Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Minoritas Muslim di SMA 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto

Purwita Kusumaning Tias

Abstract


Jurnal ini mengkaji tentang model pembelajaran pendidikan agama Islam bagi siswa minoritas muslim, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah model pembelajaran pendidikan agama Islam. Guna menjawab penelitin tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Setelah melakukan obsevasi terhadap model pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa minoritas muslim dapat menjawab rumusan masalah bahwa model pembelajaran pendidikan agama Islam bagi siswa minoritas muslim menggunakan model pembelajaran langsung (teacher center) dengan menggunakan dua metode yaitu metode ceramah dan metode praktik. Pada pelaksaan model pembelajaran ada lima tahapan yang dilalui yaitu tahap orientasi, presentasi, latihan terstuktur, latihan terbimbing dan latihan mandiri.

Keywords


minoritas muslim, model pembelajaran, pendidikan agama islam

Full Text:

PDF

References


, U.-U. N. (2005). Guru dan Dosen Bab IV.

, P. P. (2007). Pendidikan Agama dan Keagamaan Bab I Hal I.

Agus Wibowo, Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban (Yogyakarya:Pustaka Belajar, 2012)

Ahmad Munjin Nasih, Lilik Kholidah. (2009). Metodelogi dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Rafika Aditama.

Ahmad, M. A. (2008). Metodelogi Pengajuan Agama Islam. Jakarta: Rineka Cipta. Albina, M. (2022). Model Pembelajaran Abad 21. UIN Sumatera Utara, 3.

Al-Tabany, T. I. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Pranedamedia Grup.

Alvan. (2012, maret senin). Alvanvan_Alvan. From Alvan Blogspot: http://alvan.blogspot.co.id//2012/03/relevansi-dan-regulasi.html/m=1 diakses pada tanggal 13 agustus 2024

Amalia, N. (2017). Model Pembelajaran PAI Bagi Minoritas Muslim di SDN 2 Pujiharjo. Fakultas Tarbiyah Ilmu Pendidikan dan Keguruan, 31.

Asrori, M. (2013). Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 4.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Tarbawy, 5.

At-Tabany, T. I. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan kontekstual. Jakarta: Kencana.

Ayu Sadewi, M. M. (2024). Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di Sekolah Minoritas Muslim. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 5.

Darajat, Z. (2011). Metodik Khusus Pengajaran Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Darsono. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Departemen Agama RI. (n.d.). Pedoman Pendidikan Agama Islam Sekolah Umum dan Luar Biasa.

Djamal, M. (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Djamarah, S. B. (2005). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rieneke Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rieneka Cipta. Dolong, H. M. (2016). Teknik Analisis dalam Komponen Pembelajaran. DPK UIN Syarif Hidayatullah Vol V No 2, 3.

Dwi Ika M. (2023). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Purba Adhi Suta Purbalingga. Pascasarjasana UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri.

Em Zul Fajri. (2008). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Dafa.

Farhan, H. (2014). Metodelogi Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Caremedia.

Fathurahman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Fakultas Pendidikan UNY, 2-5.

Firmansyah, M. I. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4.

Handayana, J. (2016). Metodelogi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, F. (1997). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rieneke Cipta.

Helmi, J. (2016). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Sistem Pembelajaran Full Day School. Al-Ishlah, 8.

Hunasepi, T. S. (2010). Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa dalam Pembelajaran RPL. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) Vol. 3, No 1, 8.

Ibrahim, M. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Islam dan Relevansinya dengan kecerdasan spiritus; Bandar Lampung.

Isranti Baiturahman 2. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo.

Kirom. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran. Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 69-80.

Latif, A. (2006). Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Islam. Bandung: PT Pustaka Bani Quraisy.

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosda.

Majid, A. (2014). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maleong. (2022). Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Padang: PT Global Ekskutif Teknologi.

Mardalis. (2009). Metode Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Bumi Aksara.

Melvin L. (2002). Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif Edisi Revisi. Yogyakarta: CTSD.

Nara, E. S. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nasution, B. J. (2016). Metode Penelitian Hukum. Bandung: CV Mandar Maju.

Nata, A. (2009). Perspektif Islam Tentang Stretegi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Nugroho, S. D. (2017). Model Pembelajaran Mata Pelajaran Agama Islam di SD Hj.

Office of the High Commissioner for Human Rights. (2010). International Standars and Guindance for Implementation. New York, 2.

Peraturan Pemerintah No 55. (2007). Pendidikan Agama dan Keagamaan Bab I Hal I.

Peraturan Pemerintah No. 55. (2007). Tentang Pendidik Agama dan Pendidikan Keagamaan.

Prenada. (2022, November 22). Tujuan Pendidikan Islam Menurut Beberapa Ahli. Prenada Media, p. 1.

Qasim, M. (2020). Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pascasarjana UIN Alauddin Makasar, 489.

Ramadlon, S. (2023). Kebijakan Tentang Jumlah Siswa Dan Keefetifan Dalam Proses Pembelajaran. JOEAI (Jurnal of Education and Intruction), 3.

RI, D. A. (Hal 2). Pedoman Agama Islam Sekolah Umum dan Luar Biasa.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Rajawali Press.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Sagala, S. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.

Samoh, M. S. (2021). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini di TK Himawari Perum BPI Purwoyoso Ngaliyan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo.

Sugiyono. (2015). Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunhaji. (2022). Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah / Madrasah. Banyumas: CV, ZT Corpora.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutrisno, I. W. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah. Bandung: Wordpress. Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang No 14. (2005). Guru dan Dosen Bab IV Pasal 10.

Undang-Undang. (2003). Nomor 20.

Wawan Setiawan, E. F. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction) Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Jurnal Pendidikan Teknologi Infrmasi Dan Komunikasi (PTIK), Vol. 3, No. 1, 9.

Wija, M. (2017). Kapasitas Siswa Dalam Kelas, Analisis Tingkat Efektifitas Hasil Belajar. Jakarta: Binangkit.

Wikipedia. (2024). hhtps://id.wikipedi.org/wiki/minoritas/html. wikipedia, 1.

Yaumi, M. (2014). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Jakarta Kencana. Zakiyah, F. (2021). Model Pembelajaran Direct Intruction Dalam Pendidikan Agama

Zulkanain. (2008). Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Manajemen Berorientasi Link and Match. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.3.2.130-140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.