Peran Pendidik Dalam Membangun Karakter Generasi Z di PKBM Yayasan Alfatihah Semarang

Nuruddin Imam Muttaqin

Abstract


Nuruddin Imam Muttaqin : Peran Pendidik Dalam Membangun Karakter Generasi Z di PKBM Yayasan AlFatihah Semarang

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran pendidik dalam mengembangkan karakter generasi Z di PKBM Alfatihah. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini menganalisis berbagai strategi pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik, interaksi antara pendidik dan peserta didik, serta pengaruhnya terhadap pembentukan karakter generasi Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai karakter seperti disiplin, tanggung jawab, kerjasama, dan integritas. Strategi pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, serta adanya keteladanan dari pendidik, berkontribusi signifikan dalam membentuk karakter generasi Z yang lebih baik.

Studi ini menghasilkan temuan bahwa segala program Pendidikan dan kurikulum yang dilaksanakan bersinambungan antar satu sama lain sesuai dengan teori yang dikemukakakn oleh ahdar (2019) dalam nelaksanakan sebuah prgram terdapat tantangan baik dari aspek pendidik, peserta didik maupun orang tuapeserta didik. Serta sesuai dengan teori yang dikemukankan oleh Naquib Al Attas (2000) bahwa keberhasilan seorang pendidik dalam pendidikan agama Islam tidak hanya diukur dari transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga dari pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik.

Keywords


Peran, Pendidik, Peserta didik, karakter, generasi z, orang tua, pendidikan agama Islam

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata, Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia, Cet.III;Jakarta: Kencana, 2008

Ahdar, Musyarif AL-ISHLAH | Januari - Juni 2019

Amirulloh Syarbini, dkk, Mencetak Anak Hebat, Jakarta: PT Gramedia, 2014

Anang Santoso, "Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital" 2018, (Penerbit: UM Press, 2021)

Analisis Data Kualitatif: Teori dan Praktik" oleh Miles & Huberman (1994) UI Press (Depok)

Andini, Putri. (2019). Peran Pendidikan Islam di Era Milenial. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Buchori, A. (2022). Dakwah digital: Strategi dan metode penyampaian pesan Islam di era digital. Pustaka Al-Kautsar.

Departemen Agama RI, Alqur’an dan Terjemahnya, (Bandung: CV Penerbit Diponegoro,

Don Tapscott, Grown Up Digital (2013), Gramedia Pustaka Utama

Fred R. David, Strategic Management: Concepts and Cases, 15th Edition, Pearson Education, 2017.

Generasi Milenial, X, dan Z. Quipper.com. https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/generasi-milenial-x-dan-z/

Hadits Shahih Bukhari: Kitab Adab, Bab Adab al-Walaidin wa al-Aulad

https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/generasi-milenial-x-dan-z/

https://edukasi.kompas.com/read/2022/08/08/154354771/kenali-ciri-ciri-generasi-z-kelebihan-dan-kelemahannya.

Implementasi Pada SMA Negeri di Kota Parepare,” Prosiding Seminar Nasional, Volume 02, Nomor 1, 2016

Jamal Abdurrahman, Keluarga Merupakan Madrasah bagi Anak, Jakarta: Karimah:2013

Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30380–30384. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11909

Kompas.com. (8 Agustus 2022). Kenali Ciri-ciri Generasi Z, Kelebihan dan Kelemahannya.Kompas.com.https://edukasi.kompas.com/read/2022/08/08/154354771/kenali-ciri-ciri-generasi-z-kelebihan-dan-kelemahannya.

Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner, Yogyakarta: Paradigma, 2010

"Metode Penelitian Kualitatif" oleh Bogdan & Biklen, 2007

Muallifah, Psycho Islamic Smart Parenting, Jogjakarta: Diva Press, 2009

Mulyadi, M., AlHadjrath, E. R., Hutami, P. W., & P, M. A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Generasi Z.

Mulyadi, M, (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Gen Z

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 2005.

Uma Sekaran dan Roger Bougie, Research Methods for Business: A Skill-Building Approach, 2016, Penerbit: Routledge

Wardah Hanafie Das dan Abdul Halik, “Manajemen Pengendalian Mutu Sekolah: Implementasi Pada SMA Negeri di Kota Parepare,” Prosiding Seminar Nasional, Volume 02, Nomor 1, 2016

Wikipedia. (Diperbarui 7 Maret 2023). Generasi Z. Wikipedia Bahasa Indonesia. https://id.wikipedia.org/wiki/Generasi_Z

Flyvbjerg, B. (2006). Five misunderstandings about case-study research. Qualitative Inquiry, 12(2), 219-245.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.3.2.141-147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.