Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Perspektif Fiqh Sosial KH. MA. Sahal Mahfudz

Taufiqur Rohman

Abstract


Fokus kajian dalam tulisan ini adalah pemberdayaan ekonomi keluarga prespektif Fiqh Sosial KH. MA. Sahal Mahfudz, penelitian ini berawal dari keinginan untuk memotret antara keluarga yang berdaya dan tunadaya.  Dengan pendekatan antropologi, penulis menganalisis dikotomi antara keluarga yang berkuasa dan yang dikuasai, baik secara sistem ekonomi, politik, pengetahuan, hukum, maupun ideologi. Untuk terbebas dari ketidakberdayaan secara ekonomi, maka harus melalui proses pemberdayaan dengan memanfaatkan potensi yang ada secara sistemik. Karena tujuan pemberdayaan ekonomi keluarga adalah untuk mengeluarkan keluarga dari kemiskinan dan kebodohan, serta mengupayakan peningkatan kemandirian dalam ekonomi keluarga. Masalah pemberdayaan ekonomi keluarga tidak hanya terjadi di negara berkembang seperti Indonesia, tetapi juga di negara maju seperti Eropa dan Amerika.

 

The focus of the study in this paper is family economic empowerment from the perspective of KH Social Fiqh. MA. Sahal Mahfudz, this research started with a desire to take pictures between empowered and disabled families. Analyzing the dichotomy between the ruling and the ruled families both in terms of economic, political, knowledge, legal and ideological systems. To be free from economic powerlessness, one must go through an empowerment process by utilizing the existing potential systemically. Because the purpose of empowering the family economy is to get the family out of poverty and ignorance, and seek to increase independence in the family economy. The problem of family economic empowerment does not only occur in developing countries such as Indonesia, but also in developed countries such as Europe and America.


Keywords


Family Economic Empowerment; Social Fiqh; Sahal Mahfudz

Full Text:

PDF

References


Al Munawar, Said Aqil Husin Fikih Hubungan Antar Agama, (Jakarta: Ciputat Press, 2004).

Al-Munawar, Said Agil Husin 2002, Dimensi Kehidupan dalam Prespektif Islam, Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.

Al-Banna, Jamal, Nahwa Fiqh Jadid, (Kairo: Dar al-Fikr al-Islamy, 1997).

Bakri, Masykuri, Pemberdayaan Masyarakat: Pendekatan RRA dan PRA, (Surabaya: Visipress Media, 2010).

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, (Jakarta: LP3ES, 1982).

Ghofur, Abdul, Pengantar Ekonomi Syariah, (Semarang: CV. Karya Abadi Jaya, 2015),

Harahap, Erni Fibrina Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Ekonomi Untuk Mewujudkan Ekonomi Nasional yang Tangguh, dalam Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan: Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tamansiswa Padang, Vol. III No. 2, Mei 2012, ISSN: 2086-5031.

Johnson, Doyle Paul Teori Sosiologi Klasik dan Modern, Ter. Robert M. Z. Lawang, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1994)

Karni, Asrori S. Etos Studi Kaum Santri: Wajah Baru Pendidikan Islam, (Bandung: Mizan Pustaka, 2009).

Mahfudh, MA. Sahal, Arah Pengembangan Ekonomi dalam Upaya Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, h.5. Makalah di sampaikan di Pondok Pesantren Darus Sholah Jember, 27 Desember 1995, makalah tidak dipublikasikan.

Mahfudh, MA. Sahal, Dimensi Agama Dalam Pengembangan Ekonomi, h. 3. Makalah di sampaikan dalam Seminar Ekonomi PCNU Kodya Pekalongan pada tanggal 10 Juli 1994, makalah tidak dipublikasikan.

Mahfudh, MA. Sahal, Pengelolaan Zakat Secara Profesional. h. 5. Makalah di sampaikan di Seminar dan Lokakarya Mencari Model Sistem Pengelolaan Zakat oleh Perhimpunan Pengembangan Pesantren Dan Masyarakat (P3M) pada tanggal 2 Desember 1986 di Jakarta, makalah tidak dipublikasikan.

Mahfudh, MA. Sahal, Sumber Daya Ekonomi Keluarga Dari Sudut Pandang Islam, h. 6. Makalah di sampaikan dalam Latihan Agribisnis di Pondok Pesantren Jawa Tengah BLPP Ungaran oleh Kanwil Pertanian Propinsi Jateng pada tanggal 6 Pebruari 1993, makalah tidak dipublikasikan.

Prajono dan Pranarka, Pemberdayaan: Konsep, Kebijakan dan Implementasi. (Jakarta: CSIS, 1996),

Qutub, Sayyid Fi Zilal Al-Qur’an, (Beirut: Dar Diya at-Turas al-Arabi, 1967).

Zubaedi, Fiqh Sosial Kiai Sahal Mahfudh: Perubahan Nilai Pesantren dalam Pengembangan Masyarakat di Pesantren Maslakul Huda, Disertasi (Yogyakarta: UIN Sunan Kali Jaga, 2006),

Zubaedi, Memotret Keterlibatan BPPM Pesantren Maslakul Huda Kajen dalam Aksi Pengembangan Masyarakat, Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama dalam Jurnal Aplikasia, Vol. V, No. 1, (Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga, 1 Juni 2004: 17-33),




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.1.2.88-97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.