Pengaruh Pengungkapan Nilai-Nilai Etis Islami Terhadap Profitabilitas pada Perbankan Syariah di Indonesia

Firlana Ayu Saputri, Hendri Setyawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bukti secara empiris tentang pengaruh nilai-nilai etis terhadap profitabilitas pada perbankan syariah di Indonesia. Variabel yang diuji dalam penelitian ini terdiri dari zakat, pengungkapan amal, Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR), dan kinerja keuangan.  Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 14 perbankan islam di Indonesia yang terdaftar pada tahun 2013-2019. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh bank umum syariah (BUS) yang terdaftar pada Bank Indonesia (BI) pada periode 2013-2019. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa zakat berpengaruh positif terhadap profitabilitas sedangkan pengungkapan amal dan ICSR tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.

Full Text:

PDF

References


Ananda, C. Z., & Erinos, N. (2020). Pengaruh islamic corporate governance dan islamic corporate social responsibility terhadap kinerja perbankan syariah. Jurnal Eksplorasi Akuntasi, 2(1), 2065–2082.

Aribi, Z. A., & Gao, S. (2010). Corporate social responsibility disclosure: A comparison between Islamic and conventional financial institutions. Journal of Financial Reporting and Accounting, 8(2), 72–91. https://doi.org/10.1108/19852511011088352

Arifin, J., & Wardani, E. A. (2016). Islamic corporat social responsibility disclosure, reputasi, dan kinerja keuangan: Studi pada bank syariah di Indonesia. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 20(1), 38–46. https://doi.org/10.20885/jaai.vol20.iss1.art4

Ariyanto, T. (2014). ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN IDENTITAS ETIS ISLAM TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DI ASIA Taufik Ariyanto 1) Alumni Pasca Sarjana Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 98–110.

Azma Fatima, T., Ibrahim, T., Aishah Hashim, H., & Mohamad Arif, A. (2020). Ethical values and bank performance : evidence from financial institutions in Malaysia. 11(1), 233–256. https://doi.org/10.1108/JIABR-11-2016-0139

Eka Cahyaningtyas, C. C. (2020). Islamic Corporate Responsibility Dan Kinerja Keuangan Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 72–81.

Gantino, R. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis, 3(2), 19–32.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Journal of Chemical Information and Modeling.

Khairany, S. J. (2018). PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN IDENTITAS ETIKA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH. JEMAS, 14(1), 40–54.

Khasanah, A. N. (2016). Pengaruh Intellectual Capital Dan Islamicity Performance Index Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 5(1), 119–127. https://doi.org/10.21831/nominal.v5i1.11473

Kurniawan, A., & Suliyanto. (2007). ZAKAT SEBAGAI ASPEK TABARU DAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP KINERJA KEUANGAN: SEBUAH AGENDA PENELITIAN. Performance Sekolah Tinngi Ilmu Ekonomi Bumiayu, 51–68.

Marka, N., & Serly, V. (2020). Pengaruh Pengungkapan Identitas Etika Islam Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2(2), 2861–2872.

Maryanti, E., & Tjahjadi, B. (2013). ANALISIS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1, 47–62.

Masulah, S., Mardani, R. M., & Wahono, B. (2015). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Kemampuan Zakat Pada Bank Syaiah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Tahun 2012-2015). E-Journal FE UNISMA.

Munandar, A., Nurdiniah, D., & Alananto, D. (2019). Analisis Pengaruh Zakat terhadap Kinerja Keuangan: Studi Literatur. Ournal Homepage: Https://Ejournal.Imperiuminstitute.Org/Index.Php/SERAMBI Analisis, 1(1), 23–32.

Murtiyani, S. (2020). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility ( CSR ), Identitas Etis Islam terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi Islam | Islamic Economics Journal, 20(1).

Setiabudhi, H., Pramuka, B. A., & Ramadhanti, W. (2020). Analisis Perbandingan Pengungkapan Islamic Ethical Identity Perbankan Syariah di Indonesia dan Malaysia. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA), 22(1), 69–77.

Sidik, I., & Reskino. (2016). Pengaruh Zakat dan ICSR terhadap Reputasi dan Kinerja. Simposium Nasional Akuntansi XIX, 23, 1–21.

Sumiyati, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Pengeluaran Zakat dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Bank Umum Syariah di Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 5(1), 1–9.

Yaparto, M., Frisko, D., & Eriandani, R. (2013). Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.2 No.1 (2013), 1(1), 29–47. https://doi.org/10.1111/j.1467-8608.1992.tb00173.x




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.1.1.43-55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.