Analisis Metode Mafhum Mubadalah Faqihuddin Abdul Kodir Terhadap Masalah Nusyuz Suami

Ahmad Ahmad, Rozihan Rozihan

Abstract


Nusyuz lebih dikenal sebagai pembangkangan istri terhadap suami. Sesuatu yang mengesankan searah, hanya istri yang membangkang, tidak ada pembangkangan suami. Padahal praktiknya, pembangkangan bisa terjadi dari dua arah, suami maupun istri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis metode mafhÅ«m mubÄdalah Faqihuddin Abdul Kodir terhadap masalah nusyuz bagi suami. Juga untuk mengetahui dampak dari metode Mafhum Mubadalah Faqihuddin Abdul Kodir terhadap nusyuz bagi suami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (library research). Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa suami juga bisa nusyuz, seperti mendiamkan istri, berburuk sangka pada istri, tidak mengajak istri tidur bersama, menyuruh istri melakukan maksiat, tidak menggauli istri tanpa uzur, menganiaya istri, menjauhi istri karena penyakit yang dideritanya. Sedangkan dampak dari metode Mafhum Mubadalah terhadap nusyuz suami yaitu seseorang berpotensi berpaling tentu saja karena lebih punya perhatian relasi dengan banyak pihak, tidak hanya relasi marital. Maka solusi yang ditawarkan Al-Qur’an berdasarkan pemahaman mubadalah yaitu shulhun (berdamai), ihsaanun (berbuat baik), ittiqoo (menjaga diri).

Full Text:

PDF

References


Atiqah Hamid, Fiqh Wanita, Diva Press, Jogjakarta, 2013

Didiek Ahmad Supadie, Hukum Perkawinan bagi Umat Islam di Indonesia, Unissula Press, 2014.

Dr. Shaleh Ghanim, Jika Suami Istri Berselisih Bagaimana Mengatasinya, Gema Insani, Jakarta,1998.

Faqihuddin Abdul Kodir, MafhÅ«m mubÄdalah: Ikhtiar Memahami Qur’an dan Hadits untuk Meneguhkan Keadilan Resiprokal Islam dalam Isu-isu Gender, Journal Islam Indonesia 6, no. 2 (1 Agustus 2016).

Faqihuddin Abdul Kodir, Qira’ah Mubadalah, Ircisod, Yogyakarta, 2019

Haswir, Penyelesaian Kasus Nusyuz menurut Perspektif Ulama Tafsir, Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 2012.

Hesti Wulandari, Nusyuz Suami dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif, UIN syarif hidayatullah Jakarta, 2010.

K.H.Q Shaleh, H.A.A. Dahlan, Asbabun Nuzul, Latar Belakang Historis Turunnya Ayat-Ayat Al-Quran, Bandung, Penerbit Diponegoro, 2011.

Seri pustaka yustisia, Kompilasi Hukum Islam, Yogyakarta, pustaka widyatama, cetakan ketiga, juni 2006.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.1.1.13-23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.