Pendampingan Pelayanan Kesehatan Jiwa Remaja di Pondok Kyai Ageng Fatah Semarang

Elly Noerhidajati, Yulia Ratna Sofa

Abstract


Kesehatan jiwa adalah bagian yg tidak terpisahkan dari kesehatan jasmani dan merupakan unsur utama dalam menunjang terwujudnya kualitas hidup manusia yg utuh. Masalah emosi dan perilaku pada remaja merupakan masalah kesehatan serius yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Remaja yang mengalami masalah emosi dan perilaku akan menunjukkan tanda-tanda penurunan kualitas hidup. Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap kesehatan jiwa remaja di  pondok Kyai Ageng Semarang. Kegiatan dilakukan 2 kali yaitu kegiatan pendidikan kesehatan yang dilakukan dengan penyuluhan kesehatan dan kegiatan pendampingan. Hasil pretes sebelum pendidikan kesehatan didapatkan tingkat pengetahuan baik sebanyak 14,28%, cukup 34,28% dan kurang 51,42%. Setelah dilakukan pendidikan kesehatan terjadi perubahan tingkat pengetahuan remaja yaitu pengetahuan baik 71,42%, cukup 17,14% dan kurang 11,42%. Perubahan yang terjadi pada mitra setelah dilakukannya kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah adanya tambahan pengetahuan remaja mengenai kesehatan mental serta meningkatkan peran serta pendamping santri dalam menjaga remaja dari gangguan mental.

Mental health is an inseparable part of physical health and is the main element in supporting the realization of a complete quality of human life. Emotional and behavioral problems in adolescents are serious health problems that cannot be underestimated. Adolescents who experience emotional and behavioral problems will show signs of decreased quality of life. The purpose of this activity is to determine the effect of counseling on adolescent mental health at the Kyai Ageng Pondok Semarang. The activities carried out 2 times were health education activities carried out with health counseling and mentoring activities. The results before health education obtained a good level of knowledge as much as 14.28%, 34.28% enough and 51.42% less. After the health education was carried out, there was a change in knowledge at the adolescent level, namely good knowledge of 71.42%, sufficient 17.14% and less than 11.42%. Changes that occur in partners after community service activities regarding this are additional knowledge about mentality and increasing the participation of students in assisting students from mental disorders.


Keywords


Mental Health; Youth Assistance; Health Education

Full Text:

PDF

References


Ardila, Aris, Abduh Ridha, dan Abdul Haris J. (2014). Efektifitas metode diskusi kelompok dan metode ceramah terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja tentang perilaku seks pranikah (Study Kasus Remaja Kelas X Ipa Di Sma Negeri 01 Bengkayang). http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JJUM/article/viewFile/321/256. Diakses tanggal 17 Oktober 2018.

Depkes RI. (2010). http://www.depkes.go.id/article/view/17070700004/program-indonesia- sehat-dengan-pendekatan-keluarga.htmlKepmenkes RI Nomor 908/Menkes/SK/VII/2010. Diakses tanggal 10 Oktober 2018.

Kepmenkes RI. 2010. http://kesmas.kemkes.go.id/perpu/konten/kmk/keputusan-menteri- kesehatan-nomor-908-tahun-2010. Diakses tanggal 15 Oktober 2018.

Kurniawan & Indahria. (2016). Komunitas SEHATI (Sehat Jiwa dan Hati) sebagai intervensi kesehatan mental berbasis masyarakat. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, pISSN 2528-0104 | e-ISSN 2528-5181. https://media.neliti.com/media/publications/70507-ID- komunitas-sehati-sehat-jiwa-dan-hati-seb.pdf. Diakses tanggal 10 Juni 2019.

Lubis, Namora, dan Eddy. 2013. Pengaruh penyuluhan dengan metode ceramah dan diskusi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap anak tentang phbs di Sekolah Dasar Negeri 065014 Kelurahan Namogajah Kecamatan Medan Tuntungan. file:///C:/Users/User/Downloads/Documents/14398-ID-pengaruh-penyuluhan- dengan-metode-ceramah-dan-diskusi-terhadap-peningkatan-penge.pdf. Diakses tanggal 17 Oktober 2018.

Mubarak, dkk. 2007. Promosi kesehatan: sebuah pengantar pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu. Notoadmodjo. 2012. Promosi kesehatan dan perilaku kekerasan. Jakarta: Rineka Cipta.

Saroh. (2015). Pelaksaanaa metode ceramah dan diskusi kelompok dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Rungrote Wittaya Songkhla, Thailand. file:///C:/Users/User/Downloads/Documents/10110278.pdf. Diakses tanggal 10 juni 2019.

Yusuf. (2019). Upaya penurunan prevalensi ODMK dan ODGJ. file:///C:/Users/User/Downloads/Documents/2-Upaya-Penurunan-Prevalensi-ODGJ- dan-ODMK.pdf. Diakses tanggal 15 Oktober 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/abdimasku.1.3.109-115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats