KOMUNIKASI DAN KOMODIFIKASI DALAM PERENCANAAN PEMBUATAN FILM “AGAK LAEN”
Abstract
Penelitian ini membahas hubungan antara komunikasi dan komodifikasi dalam industri film, dengan studi kasus pada film “Agak Laen”. Film sebagai media hiburan tidak hanya menjadi sarana ekspresi artistik, tetapi jugaproduk ekonomi yang dipasarkan melalui berbagai stategi komunikasi. Film “Agak Laen” merupakan contoh yang menggambarkan bagaimana nilaiestetika dannilaibudaya dapat diolah menjadi komoditas yang menarik secara komersial. Dalam proses produksinya, film ini tidak berfokus pada penceritaan, tetapi juga memanfaatkan teknik pemasaran yang memadukan iklan, media sosial, serta kemitraan dengan berbagai merek. Studi ini menganalisis bagaimana komunikasi melaluikampanye media memengaruhi persepsi penonton, mendorong loyalitas, dan meningkatkan daya tarik pasar film tersebut. Melalui metode analisis isi dan merekapdengantim produksi serta pakar komunikasi, penelitian inimenemukan bahwakomodifikasifilm “Agak Laen” terjadi melalui proses pemaknaan ulang konten film yang yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar tanpa mengorbankan keasliankarya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai dampak komunikasi strategis dalam proses komodifikasi film, serta implikasinya bagi perkembangan industri film di indonesia.
Kata kunci : Proses komunikasi dan Komodifikasi Film di “Agak Laen”Full Text:
UntitledReferences
Kumar, S., Groth, A., and Vlacic, L., (2013). An Analytical Index for Evaluating Manufacturing Cost and Performance of Low-Pressure Hollowfibre Membrane Systems. Journal Elsevier, Vol. 332 pp. 44-51.
Idi Subandy Ibrahim, Bachruddin Ali Akhmad. Komunikasi dan Komodifikasi mengkaji media dan budaya dalam dinamika globalisasi
Barthes, Roland. 2012. Elemen-Elemen Semiotika. Terjemahan M. Ardiansyah. Jogjakarta: IRCiSoD
Burton, Graeme. 2008. Media dan Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra Devito,
Joseph A. 1997. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional books Effendi, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti
Fiske, John. 2010. Cultural and Communication Studies. Yogyakarta: Jalasutra
Haditono, Siti Rahayu. 2001. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Himawan, Anang Haris. 2007. Bukan Salah Tuhan Mengazab. Solo: Tiga Serangkai Hoed, Benny H. 2011.Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Jakarta: Komunitas Bambu Husaini, Ardian. 2006. Hegemoni Islam - Barat. Jakarta: Gema Insani Press
Kartono, Kartini. 1989. Psikologi Abnormal dan Abnormalitas Seksual. Bandung: Mandar Maju
McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika
Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasma, Abu dan Hasan, Sidik. 2008 - Let’s Talk About Love. Solo: Tiga Serangkai Nurudin, 2009. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers
Pasaribu dan Simandjuntak, 1984. Pengantar Psikologi Perkembangan. Bandung: Tarsito Siahaan, Jokie MS. 2009. Perilaku Menyimpang Pendekatan Sosiologi. Jakarta: PT Indeks
Sobur, Alex. 2004. Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.