PENINGKATAN MINAT BELI ULANG MELALUI PERSEPSI KUALITAS DAN PERSEPSI HARGA DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK CAT NIPPONT PAINT DI KABUPATEN TEGAL

Aghnita Pinandiya Mujadifah, Moch. Zulfa

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa peningkatan minat beli ulang melalui persepsi kualitas, persepsi harga dengan Word of Mouth sebagai variabel intervening pada produk cat nippont paint. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh pembeli atau pelanggan baru produk cat nippont paint di 3 toko di wilayah Kabupaten Tegal yaitu toko Makmur Jaya, toko DN Jaya dan Cahaya Hidup dimana ketiga toko ini akan memberikan penawaran mengenai ragam produk cat nippont paint. Metode penelitian ini memakai model kuantitatif dengan melibatkan pelanggan berjumlah 100 responden. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis, Analisa Jalur (path) dan sobel test. Penelitian ini menghasilkan variabel persepsi kualitas dan persepsi harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Word of Mouth, kemudian variabel persepsi kualitas dan persepsi harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang dan variabel Word of Mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang.

Kata Kunci: Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Minat Beli Ulang, dan Word of Mouth, Nippont Paint


Full Text:

Untitled

References


Aghniyah, K. F. (2019). Pengaruh Lokasi dan Word of Mounth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Kopi EUY! Coffe Shop).

Astuti, W. A., Komala, A. R., & Ambarwati, D. T. (2022). INCREASING SALES VOLUME BY IMPLEMENTING MARKETPLACE FOR MSME PLAYERS IN THE COVID-19 PANDEMIC.

Bahiroh dkk. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) PADA FASHION ONLINE SHOP JOYISM DI INSTRAGRAM. www.fe.unisma.ac.id

Dinda, A., Rachma, N., & Afi Rachmat Slamet. (n.d.). PENGARUH PERSEPSI HARGA, PERSEPSI MEREK, TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN PERSEPSI NILAI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Pelanggan Bidadari Salon dan Spa Malang). www.fe.unisma.ac.id

Diyah Niken Halidaziah. (2020). Nippon Paint Finish.

Durianto, D. (2004). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merk. Gramedia Pustaka Utama.

Fitri Ratnafuri, R., Gunawan, T., Studi Manajemen, P., Ekonomi, F., & Katolik Parahyangan Bandung-Indonesia, U. (2022). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS TERHADAP NIAT BELI ULANG PRODUK PRIVATE LABEL BRAND (NON-FOOD CATEGORY) DI TOSERBA YOGYA & GRIYA KOTA BANDUNG (Vol. 15, Issue 3).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariative dengan Program IBM SPSS (25th ed.). In Universitas Diponegoro. Universitas Diponegoro.

Gosal, S., & Setiobudi, D. A. (2020). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN JUICE&SMOOTHIESZONE. In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 5, Issue 4).

Kotler, P. dan K. (2007). Manajemen Pemasaran. Indeks. Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management.

Luh, N., Purnamawati, A., Wayan, N., Mitariani, E., Putu, N., Anggraini, N., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Denpasar, U. M. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG DI BANDUNG COLLECTION KECAMATAN KUTA UTARA, BADUNG.

Ni Made Ayu oka Dewi, Ni Putu Nita Anggraeni, & I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi. (2023). PENGARUH WORD OF MOUTH, BRAND AWARENESS, DAN SOCIALMEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YOGA MATDI UNIQUE YOGA SHOP BALI.

Ningsih, F. F., Darmawan, K., Irdiana, S., Widya, S., & Lumajang, G. (2021). Pengaruh Harga, Word Of Mouth, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang pada Shopee (Studi pada Konsumen Shopee di Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang). http://jkm.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/jrm%7C189

Resti, D., & Soesanto, H. (2016). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANANMELALUI KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP MINAT BELIULANG PADA RUMAH KECANTIKAN SIFRA DI PATI. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 5(1), 1-12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr Risnawati, N., & Adi Jaya, U. (2023). PENGARUH HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI ULANG DI BASO ACI. 2(5), 419-429.

Semuel, H., & Audrey, Y. (2020). PENGARUH PRODUCT QUALITY TERHADAP WORD OF MOUTH DAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI MEDIASI PADA CUSTOMER GREENLY SURABAYA.

Setiawati, E., Syahputra, R., & Sarjana Ekonomi STIE Labuhanbatu, A. (2016). PENGARUH PREFERENSI MEREK, PERSEPSI KUALITAS, PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA CV BASIMBAH TANI-LABUHANBATU. In JURNAL ECOBISMA (Vol. 3, Issue 2).

Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran (Kedua). Ghalia Indonesia.

Tania, T., Rayhaan, M. F., & Pasaribu, L. H. (2021). Enrichment: Journal of Management is Licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0) Enrichment: Journal of Management The Effect Of Perceived Service Quality, Word Of Mouth And Price Quality On Repurchase Intention And Customer Satisfaction On Instagramable Restaurant In Jakarta Utara. In Enrichment: Journal of Management (Vol. 12, Issue 1).

Thaariq, I. A., & Jadmiko, P. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE, COUNTRY OF ORIGIN DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP MINAT BELI ULANG SMARTPHONE APPLE PADA MASYARAKAT DI KOTA PADANG. https://doi.org/10.1108/03

Tjahjaningsih, E., Fifaldyovan, M. I., Cahyani, A. T., & Rivai, A. R. (2022). Peran WOM Sebagai Variabel Intervening Pada Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas.

Widharta dan Sugiharto. (2013). Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai: Vol. Vol.2. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.

Yuliastuti, D. A., Budi, L., & Harini, C. (2020). The Influence of Social Media Marketing and Brand Image on Buying Decisions on. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 2(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.