PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECANDU GAME ONLINE MOBILE LEGENDS (Studi Kasus Pada Pecandu Game Online Mobile Legends di Dusun Dema’an Kota Jepara Jawa Tengah)

Akbar Setiawan, Mubarok ., Trimanah .

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bagaimana perilaku komunikasi interpersonal pecandu game online mobile legends. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi pecandu game online mobile legend di dalam dunia virtual (online) dan untuk mengetahui bagaimana interaksi pecandu game online mobile legend di luar dunia virtual (offline).

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana penelitian kualitatif merupakan strategi yang cocok karena fokus dalam penelitian ini merupakan sebuah fenomena kontemporer (masa kini) di tengah masyarakat serta pokok pertanyaan pada penelitian berkenaan dengan how atau why yang merupakan dasar dari studi kasus itu sendiri. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme, untuk itu perlu menggunakan prinsip  triangulasi. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik.

Hasil dari penelitian ini, Dalam wawancara informan 1, informan 2, dan informan 3 mengungkapkan bahwa perilaku pecandu game online mobile legends memiliki pendekatan yang berbeda setiap individu terhadap kritik dan konteks tim atau permainan. Informan pertama cenderung mempertimbangkan nilai kritik dari rekan timnya dan hanya menerima yang dapat membantu ddalam memenangkan permainan. Kemudian informan kedua menekankan pentingnya menghindari reaksi emosional terhadap kritik dan mencegah situasi yang menjadi lebih tegang. Sementara informan ketiga cenderung mengakui kesalahannya dan meminta maaf. Namun jika merasa tidak bersalah, cenderung merespon dengan emosional untuk mendorong rekan tim lainnya agar melakukan intropeksi diri dan semangat lagi untuk kemenangan tim. Kesimpulan dari penelitian ini bagi pecandu game online Mobile Legends, sebagai individu penerus bangsa mempunyai hobi bukanlah hal yang buruk namun ada baiknya dalam melakukan suatu kegiatan yang sangat disukai jangan sampai berlebihan dan melewati batas sehingga kehidupan nya hanya tertuju pada satu aktivitas saja dan melupakan yang lainnya. Mulailah untuk melakukan berbagai kegiatan diluar dan berinteraksi dengan masyarakat banyak agar mendapatkan pengalaman dalam berbagai bidang kehidupan.

Kata Kunci : Perilaku, Komunikasi Interpersonal, Pecandu Game Online


Full Text:

Untitled

References


Amran, A., Marheni, E., Sin, T. H., & Yenes, R. (2020). Kecanduan Game Online Mobile Legends dan Emosi Siswa SMAN3 Batusangkar. Jurnal Patriot, 2(4), 1118-1130

Ellyvon Pranita. (2022). Sejarah dan Asal-Usul Nama Jepara, Kota yang Dijuluki Bumi Kartini. (Kompas.com)

Heryana, A., & Unggul, U. E. (2018). Informan Dan Pemilihan Informan Dalam Penelitian Kualitatif. Sistem Informasi Akuntansi: Esensi Dan Aplikasi, December, 14. eprints.polsri.ac.id

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39. p-ISSN 2549-7332%7C e-ISSN 2614-1167%0D

Masya, H., & Candra, D. A. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku gangguan kecanduan game online pada peserta didik kelas x di madrasah aliyah al furqon prabumulih tahun pelajaran 2015/2016. Konseli: jurnal bimbingan dan konseling (e-journal), 3(2), 103-118.

Nayak (2014). Analisis perilaku pengguna dalam pembelian item virtual pada game online. Journal of Animation and Games Studies, 2014.

Nugrahani, F. D. (2014). Metode Penelitian Kualitatif alam Penelitian Pendidikan Bahasa. In Surakarta (Issue 1). ejournal.usd.ac.id

Patriana, Eva, Komunikasi interpersonal yang berlangsung antara pembimbing kemasyarakatan dan keluarga anak pelaku pidana di bapas surakarta (journal of Rural and Development), Volume V No. 2 Agustus 2014

Sugiono, Linda Apriliya, “Trash-Talking Dalam Game Online Pada User Game Online Di Indonesia (Etnografi Virtual Game Online Mobile Legends dan Arena of Valor),” Komunikasi, 2 (2018), 2.

Yusuf, Syamsu L.N., M. Pd. (2017:51). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Sosial Psikologis. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot