DAMPAK PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DAN AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (SKPD KOTA SEMARANG)

Salma Nur Azizah, Sri Anik

Abstract


daerah dan akuntabilitas laporan keuangan terhadap kinerja instansi pemerintah daerah pada SKPD Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini yakni pegawai SKPD Kota Semarang sebanyak 115 orang dan sampel sebanyak 90 orang menggunakan teknik purposive sampling yang sesuai dengan kriteria sampel.
Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory research, serta jenis data yang digunakan yakni data primer dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner pada lokasi penelitian yang telah ditentukan. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji kualitas data dengan menggunakan software SPSS Statistic 26.Hasil dari seluruh uji kualitas data yakni menghasilkan data yang valid serta reliabel, hasil dari uji asumsi klasik dengan data yang dipakai dalam penelitian ini yakni semua variabel telah dinyatakan tidak adanya multikolinieritas serta dalam penelitian ini sudah berdistribusi normal.
Pada hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja instansi pemerintah daerah, sedangkan untuk akuntabilitas laporan keuangan memberikan pengaruh positif signifikan terhadap kinerja instansi pemerintah daerah.
Kata Kunci: Sistem akuntansi keuangan daerah, akuntabilitas laporan keuangan, kinerja instansi pemerintah daerah.


Full Text:

Untitled

References


Arum, R. (2019). PenerapanSistemAkuntansiKeuangan Daerah dan AkuntabilitasKeuanganTerhadap Kinerja InstansiPemerintah (Studi Kasus Pada Dinas SKPD Kota Cimahi). JurnalEkonomika Dan Bisnis, 66, 37–39.

Auditya, Lucy Husaini, L. (2019). AnalisisPengaruhAkuntabilitas Dan TransparansiPengelolaanAnggaranPendapatan. Jurnal Fairness, 3(5), 21–41.

Darmawan, F. (2020). PengaruhPenerapanSistemAkuntansiKeuangan, PemanfaatanTeknologi, KompetensiSumber Daya ManusiaTerhadapKualitas Laporan KeuanganPemerintah Daerah DKI Jakarta. JurnalAkuntansiPemerintahan, 12(2004), 6–25.

Febriani, L. (2017). PengaruhLingkunganKerjaFisik Dan DisiplinKerjaTerhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi Pada Pt. Sumber Citra PersadaJombang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fitria Asri Kurnia. (2021). PengaruhPenerapanSistemAkuntansiKeuangan DaerahTerhadapKualitas LaporanKeuangan DanImplikasinya PadaAkuntabilitas KinerjaInstansiPemerintah Daerah (Studi kasus pada Dinas Kabupaten Bandung Barat). AngewandteChemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Hakim, L. (2016). PengaruhPenerapanSistemAkuntansiKeuangan Daerah Dan Pengendalian Internal TerhadapKualitas Laporan KeuanganPemerintah Daerah. STAR – Study & Accounting Research |, XIII(2), 1–13.

Husna Ade, Maryam, I. S. (2022). PengaruhKompetensiPengelolaanKeuangan Dan SistemAkuntansiKeuangan Daerah TerhadapKualitas Laporan Keuangan Pada SatuanKerjaPerangkat Daerah Kabupaten Aceh Besar. SerambiKonstruktivis, 4(2), 206–214.

Janna, N. M. (2019). Konsep uji validitas dan reliabilitasdenganmenggunakanspss. JurnalStatistikaTerapan, 6(9), 1–12.

Lestari, U. P. (2020). PengaruhSistemAkuntansiKeuangan Daerah, Akuntabilitas, Transparansi, Good Governance Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Studi Kasus OPD Kabupaten Kendal). JurnalEkonomika Dan Bisnis, 7(1), 43–53.

Lewerissa, N., &Handayani, N. (2018). Pengaruh Good Governance, Audit Kinerja, Dan Laporan KeuanganTerhadapAkuntabilitasKeuanganPemerintah Daerah (Studi Pada Opd Kota Surabaya). JurnalIlmu Dan Riset Akuntansi, 7(10), 1–17.

Noviyana, R. A., &Pratolo, S. (2018). PengaruhSistemPengendalian Intern Dan MotivasiKerjaTerhadap Kinerja InstansiPemerintahDenganAkuntabilitasPublikSebagaiVariabelIntervening : Studi pada OrganisasiPerangkat Daerah KabupatenKlaten. ReviuAkuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 129–143.

NugrahaeniYunita, Roni, H. Z. (2020). EvaluasiPengelolaanKeuanganPemerintah Daerah Kota Semarang.JurnalAkuntansiKeuangan.21(1), 1–9.

Nurul, F. (2017). PengaruhPenerapanSistemAkuntansiKeuangan Daerah dan TerhadapAkuntabilitasPengelolaan Laporan Keuangan. JurnalAkuntansiPemerintahan, 8(13), 1–94.

Priscilla, Taufeni, A. A. (2021). PengaruhPenerapanSistemAkuntansiKeuangan, Aksesbilitas LaporanKeuangan, PenerapanPengendalian Internal DanPenerapan Good GovernanceTerhadapAkuntabilitasPengelolaanKeuangan Daerah. Bilancia: JurnalIlmiahAkuntansi, 5(2), 193–204.

Purba, R. B. (2018). SistemAkuntansiKeuangan Daerah, TransparansiPublikdanAktivitasPengendalianTerhadapAkuntabilitasKeuangan Pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tanah Datar.JurnalAkuntansiBisnis Dan Publik, 8(1), 99–111.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.