HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE

Astrid Refkiearta Ismania, Abdurrohim .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang pengguna E-commerce shopee. Sample penelitian ini berjumlah 203 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur, yakni skala perilaku konsumtif yang terdiri dari 34 aitem dengan koefisien realibilitas 0,964 dan kontrol diri dari 33 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,955. Hasil analisis korelasi spearman’s rho diperoleh skor koefisien sebesar (r) = -0,798 dengan skor signifikansi 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif terdapat hubungan negatif. Artinya semakin rendah kontrol diri yang dimiliki oleh mahasiswa maka akan semakin tinggi perilaku konsumtif mahasiswa.

Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Kontrol Diri.

Full Text:

PDF

References


Averill, J.(1973), "Personal control over aversive stimuli and its relationship to stress"Psychological Bulletin, 80(4), 286-303.

Adiputra, R., & Moningka, C. (2012). Gambaran Perilaku Konsumtif Terhadap Sepatu Pada Perempuan Dewasa Awal. Makalah Psibernetika, (5). Hal 76–90.

Afandi, A. R., & Sri, H. (2017). Pembelian Impulsif pada Remaja Akhir Ditinjau dari Kontrol Diri. Gadjah Mada. Journal of Psychology. No. 3. Hal 123–130.

Ancok, D. (1995). Nuansa Psikologi Pembangunan. Yogykarta: Pustaka Pelajar

Anggraini, R., & Mariyanti, S. (2014). "Hubungan antara kontrol diri dan perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Esa Unggul". Jurnal psikologi, 34.

Arlyanti, R. (2012). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Sikap Terhadap Perilaku Seksual pada Remaja Karang Taruna. Hal 11–35.

Arum, D., & Khoirunnisa, Ri. N. (2021). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi psikologi pengguna e-commerce shopee. Empty Jurnal Fakultas Psikologi Vol 2. No 8. Hal 92–102.

Azwar, S. (2012b), Rehabilitas dan validitas edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi edisi 2. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Banker, S., Ainsworth, S. E., Baumeister, R. F., Ariely, D., & Vohs, K. D. (2017). The Sticky Anchor Hypothesis: Ego Depletion Increases Susceptibility to Situational Cues. Journal of Behavioral Decision Making, Vol 30. Hal 1027–1040.

Borba, M. (2001). Membangun kecerdasan moral. Retrieved September 9, 2021, from http://books.google.com

Cahyono, T. (2017). Statistik Uji Korelasi. Journal of Chemical Information and Modeling, Vol 1. Hal 1–77.

Chita, R. C. M., David, L., & Pali, C. (2015). Hubungan Antara Self-Control Dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011. Jurnal E-Biomedik. Vol 3.

Dewi, L. G. K., Herawati, N. T., & Adiputra, I. M. P. (2021). Penggunaan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yang Dimediasi Kontrol Diri. Ekuitas Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, Vol 5. Hal 1–19.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1994). Perilaku konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Fardilah, N. A. (2019). "Keputusan pembelian di online shop pada penggunaan media sosial". jurnal manejemen dan bisnis vol. 2.

Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(19). Hal 21-26.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan psikologi konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fromm, E. (1995). Masyarakat yang sehat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2016). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: r-Ruzz Media.

Gunarsa, Y. S. (2004). Dari anak sampai usia lanjut. Retrieved September 9 , 2021, from http://books.google.com

Gunarsa, Y. S. (2008). Psikologi Anak: psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Harnum. D. (2012). "Hubungan antara teknik kontrol diri dengan kecenderungan perilaku konsumtif mahasiswi di ma'had Sunan Ampel Al-Aly Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang". Malang: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang.

Hurlock. (2002). Psikologi perkembangan, suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E. (1999). Psikologi perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Haryani, I., & Herwanto, J. (2015). Hubungan Konformitas Dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Vol 11. Hal 5–11.

Jasmadi, J., & Azzama, A. (2017). Hubungan Harga Diri Dengan Perilaku Konsumtif Remaja Di Banda Aceh. Jurnal Psikologi. Vol 1. Hal 325–334.

Katadata Insight Center & Kredivo. (2022). Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia. FinAccel.

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). Hal 1–6.

Lubis, H. K. (2020). Hubungan Self Control dan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif Siswa Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 2 Binjai. Hal 2–7. Tesis Uin Walisongo.

Majid, M. F. A. F., Nalva, M. F., & Baharuddin, B. (2019). Self Control dalam Meningkatkan Konsistensi Belajar Akademik. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya. Hal 41–48.

Mujahidah, A. N. (2020). Analisis Perilaku Konsumtif dan Penanganan Studi Kasus pada Satu Peserta Didik di SMK Negeri 8 Makkasar. International Journal on Language, Research and Education Studies. Hal 209–222.

Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Self Control Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Hal 124–133.

Octaviana, R. (2020). Konsep Konsumerisme Masyarakat Modern dalam Kajian Herbert. Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam. Hal 121–133.

Pradipta, P., & Kustanti, E. R. (2021). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Di Coffeeshop Semarang. Jurnal Empati.

Ramadona, D. M., & Mamat, S. (2019). Kontrol Diri: Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling. Hal 65–69.

Rambi, W. (2015). The Influence of Consumer Behavior on Purchase Decision Xiaomi Cellphone in Manado Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. Hal 917–927.

Rohman, A. A., & Widjaja, S. U. M. (2018). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Perilaku Menabung Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Hal 107–117.

Sari, R. K. (2016). Kecenderungan Perilaku Compulsive Buying Pada Masa Remaja Akhir di Samarinda. Jurnal Ilmiah Psikologi. Hal 1–9.

Sari, W. P. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Pengungkapan Diri Dengan Pengungungkapan Diri Pada Remaja Pengguna Facebook. Riset Applied Microbiology and Biotechnology. Hal 2071-2079.

Sari, W. P. (2019). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Pengungkapan Diri Pada Remaja Pengguna Facebook. Jurnal Neo Societal. Hal 827-843.

Siallagan, A. M Derang. I (2021). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Di Stikes Santa Elisabeth Medan. Jurnal Darma Agung.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.

Sumarwan, U. (2014). Perilaku konsumen : teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2014). High Self-Control Predicts Good Adjustment, Less Pathology, Better Grades, and Interpersonal Success. E-journal Psikologi. Vol 1. No 1. Hal 9-22.

Thalib, S. B. (2010). Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Tripambudi, B., & Indrawati, E. S. (2018). "Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pembelian gadged pada mahasiswa teknik industri Universitas Diponogoro". Jurnal Empati, Vol. 7, No. 2.

Triyaningsih, S. L. (2011). "Dampak online marketing melalui facebook terhadap perilaku konsumtif masyarakat". Jurnal ekonomi dan kewirausahaan, 11(2), 172–177.

Ulayya, S., & Mujiasih, E. (2020). Hubungan Antara Self Control Dengan Perilaku Konsumtif Pengguna E-Money Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati. Hal 271–279.

Wolfe, S. E., & Higgins, G. E. (2008). Self-control and perceived behavioral control: an examination of college student drinking. Applied Psychology in Criminal Justice, 4(1), 108–134.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.