PENENTUAN TITIK ALTERNATIF PENGAMBILAN AIR DAN PERENCANAAN PIPA TRANMISI DARI SUNGAI RANDUGUNTING KE EMBUNG BANYUKUWUNG

Mochamad Kevin Lutfhi B, Muhammad Thoriq Urfiansyah, Slamet Imam Wahyudi, Ari Sentani

Abstract


Penentuan titik alternatif pengambilan air untuk menjadi hulu dari pipa transmisi merupakan pemilihan yang harus melibatkan elevasi ketinggian titik-titik air agar dapat mengalir sencara gravitasi. Perencangan pipa transmisi digunakan untuk mengaliri embung agar mengatasi masalah kekeringan di daerah rembang. Pada bulan Agustus hingga November embung Banyukuwung kesulitan untuk mendapatkan air sehingga perlunya surplesi air untuk mengisi embung tersebut. Pada tugas akhir ini akan memilih titik lokasi pengambilan air dan merencanakan pipa transmisi menggunakan EPANET. Dengan mengacu pada saluran pipa paling efektif dari segi jarak dan elevasi. Sangat dibutuhkan elevasi yang lebih tinggi untuk hulu pipa agar pipa dapat mengalir tanpa menggunakan pompa. Analisis di EPANET menggunakan pipa HDPE sepanjang 16 KM dan berdiameter dalam 352.6 mm. Debit yang di dapat 42 liter per detik dengan kecepatan air 43 cm/d.

Kata Kunci: air, pipa transmisi

Full Text:

PDF

References


Aliansyah, Andi M. (2017). Analisis Hidrolika Aliran Sungai Bolifar dengan Menggunakan HEC-RAS. Tugas Akhir. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Dini Nabila M. dan Melathi J. P. P. (2020). Tutorial Program HEC-RAS Untuk Analisa Hidrolika Sistem Drainase. Laporan Tugas Pengganti Kerja Praktek. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Indriyani, M., Amalia, Rr. R. S., (2020). Analisis Debit Puncak Menggunakan Pendekatan Metode Hidrograf Satuan Sintetis (HSS) Snyder dan HEC-HMS. Tugas Akhir. Universitas Katolik Soegijapranata. Semarang.

Kuntadi Wibisono. (2021). Monitoring Kinerja DAS Bedadung Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jurnal Geografi 18(1) (2021) 52-59.

Listyo N. dan Miftahul U. (2022). Analisa Teknis Penampang Sungai Dombo Bagian Hilir (Sungai Sayung) Di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Tugas Akhir. Universitas Islam Sultan Agung. Semarang.

Lutfiah Nurhijriah, dkk. (2022). Distribusi Curah Hujan Rata-Rata Menggunakan Metode Isohyet Di Wilayah Kabupaten Tangerang. Newton-Maxwell Journal of Physics (Oktober, 2022) Vol. 3 No. 2.

Renanti Ayu P. dan Rizka Andi A. D. (2023). Analisis Debit Banjir Rencana dengan Metode HSS Nakayasu pada Bendungan Jragung Kabupaten Semarang.. Tugas Akhir. Universitas Islam Sultan Agung. Semarang.

Rovita Yuniarti A., dkk. (2022). Pemodelan Aliran Sungai Jatiroto Menggunakan Software HEC-RAS 5.0.7. Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sumber Daya Air Vol. 2 No. 2 (2022) p. 273-285.

Sosrodarsono, Suyono. (1984). Perbaikan dan Pengaturan Sungai. PradnyaParamita. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.