ANALISA KINERJA PADA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE MKJI 1997 (STUDI KASUS: SIMPANG EMPAT JATI RAYA, BANYUMANIK, SEMARANG, JAWA TENGAH)

Danang Ferdian, Fachrul Ramadhan, Rachmat Mudiyono, Kartono Wibowo

Abstract


Laju pembangunan infrastruktur jalan raya salah satunya sangat dipengaruhi oleh sektor transportasi terutama di negara yang sedang berkembang layaknya Indonesia. Lokasi yang sering timbul kepadatan arus lalu lintas bahkan hingga menimbulkan kemacetan adalah persimpangan. Pada penelitian ini, studi analisa kinerja simpang dilakukan pada simpang empat Jati Raya, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh karakteristik lalu lintas dan hasil analisa kinerja persimpangan bersinyal. Data yang diperlukan untuk penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui survei langsung di lapangan dan observasi kondisi lingkungan di sekitar simpang, sedangkan data sekunder mencakup informasi jumlah penduduk kota tersebut. Analisa data menggunakan metode MKJI 1997. Pengaturan fase sinyal sebagai karakteristik lalu lintas pada persimpangan bersinyal Jati Raya terdiri dari dua fase, yaitu fase 1 untuk arah utara – selatan dan fase 2 untuk arah timur – barat, dengan waktu siklus 68 detik. Hasil analisa kinerja menunjukkan bahwa persimpangan bersinyal tersebut masih layak dalam pengoperasiannya, namun pada hasil analisa perhitungan derajat kejenuhan (DS) dan tundaan simpang rata-rata (D1) diperoleh hasil yang buruk sehingga perlu dilakukan analisa lebih lanjut.

Kata Kunci: bersinyal; jenuh; lalu lintas; MKJI; persimpangan; tundaan.

Full Text:

PDF

References


Adri P., R. W., Herlina, N., & Hidayat, A. K. (2019). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus Simpang Mitra Batik Kota Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Akselerasi, 1(1).

Alamsyah, A. A. (2005). Rekayasa Lalu Lintas. UMM PRESS.

Badan Pusat Statistik Kota Semarang. Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin (Jiwa). Akses online April 2023. URL: https://semarangkota.bps.go.id/indicator/12/78/1/jumlah-penduduk-menurut-jenis-kelamin.html

Badan Pusat Statistik Kota Semarang. Luas Wilayah, Jumlah Penduduk, dan Kepadatan

Penduduk (Jiwa/km2), 2020-2022. Akses online April 2023. URL: https://semarangkota.bps.go.id/indicator/12/48/1/kepadatan-penduduk.html

Direktorat Jenderal Bina Marga dan Direktorat Bina Jalan Kota. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. PT Bina Karya (Persero).

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2006). Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan. Biro Hukum Kementerian Perhubungan.

Khisty, C. J., & Lall, B. K. (2005). Dasar-dasar Rekayasa Transportasi Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Morlok, E. K. (1991). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Erlangga. Jakarta.

Putra, I. P. M. A. M., Sriastuti, D. A. N., & Rahadiani, A. A. S. D. (2021). Analisis Simpang Bersinyal Pada Simpang Uluwatu, Badung, Bali. Jurnal Teknik Gradien, 13(2).

Rulianto, E. N., & Saputra, A. A. (2022). Analisa Kinerja Pada Simpang Bersinyal Menggunakan Metode MKJI 1997 (Studi Kasus: Simpang Jolotundo, Kota Semarang, Jawa Tengah). Tugas Akhir. Universitas Semarang.

Saputra, W. R., & Irawan, W. A. (2022). Analisis Kinerja Simpang Empat Bersinyal Segmen Jalan Soekarno Hatta Depan SPBU Pertamina Masjid Agung Semarang. Tugas Akhir. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Soedirdjo, T. L. (2002). Catatan Kuliah Rekayasa Lalu Lintas. ITB PRESS.

Syafutri, Y. (2018). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Pada Simpang Jalan Pattimura – Simpang Jalan Sudirman Kota Medan (Studi Kasus). Tugas Akhir. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Syaikhu, M., & Widodo, E. (2016). Analisa Kapasitas dan Tingkat Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus Simpang Tiga Purwosari Kabupaten Pasuruan). Jurnal Reka Buana: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.