Analisa Perwatan Mesin Blow Film HD14 Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) II (Studi Kasus CV. Panca Gemilang)

Hilmi Zainul Ibad, Eli Mas'idah, Nuzulia Khoiriyah

Abstract


CV. Panca Gemilang menggunakan sistem produksi Make to order dan juga Make to stock, yang berarti aktivitas proses produksi pada perusahaan ini berlangsung terus-menerus. Karena produksi yang dilakukan terus menerus menyebabkan mesin-mesin bekerja tanpa henti yang mengakibatkan penurunan produktivitas mesin di CV. Panca Gemilang, pada line produksi kantong plastik jenis HD terdapat 24 mesin Blow film dengan berbagai kode mesin, Fokus penelitian ini pada mesin mesin blow film HD14 karena mesin memiliki angka downtime paling tinggi yaitu 6,2% dan merupakan mesin yang kritis dalam proses produksi yang akan mempengaruhi produktivitas secara keseluruhan. Berdasarkan Analisa Reliability Centered Maintenance II ialah metode yang dapat mengevaluasi tindakan perawatan tiap komponen. Pada tahap FMEA dapat diperoleh nilai RPN tertinggi dan tindakan perawatan yang tepat sesuai akar penyebabnya dalam bentuk RCM II Decision Worksheet. Dari hasil penelitian didapatkan 4 RPN tertinggi yaitu Gearbox = 120, Barrel screw = 105, motor roller karet dan besi = 84, dan roll hasil = 72. Mesin blow film HD14 dengan 4 komponen yang memiliki nilai RPN tertinggi, selanjutnya dilakukan logic tree analysis (LTA) untuk menetukan jenis perawatan yang layak, optimal dan cocok dalam menangani masing-masing failure mode. Kemudian dilakukan analisa menggunakan fishbone diagram untuk mengetahui akar penyebab kegagalan yang belum diketahui dalam tahapan LTA yang anatar lain udara dalam ruang panas, getaran, retak, kering atau kurang pelumas overhead, sehingga didapatkan solusi sesuai akar penyebabnya dan yang terakhir didapatkan task selection sebagai usulan tindakan dalam bentuk RCM II decesion worksheet.

Kata Kunci : Analisis Perawatan, Reliability Centered Maintenance (RCM) II, Mesin Blow film HD14

Full Text:

PDF

References


Aris Fiatno, Denur Jumali, Misrianto. 2018. “PENERAPAN RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) PADA POROS RODA DEPAN ISUZU TYPE Cxz-51 Aris.†43(3): 1213–17.

Azis, M. T., Suprawhardana, M. S. and Purwanto, T. P. (2010) ‘Penerapan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Berbasis Web Pada Sistem Pendingin Primer Di Reaktor Serba Guna GA. SIWABESSY’, JFN, 4(1), pp. 81–98.

Azwir, Hery Hamdi, Arri Ismail Wicaksono, and Hirawati Oemar. 2020. “Manajemen Perawatan Menggunakan Metode RCM Di Mesin Produksi Kertas.†Jurnal Optimasi Sistem Industri 19(1): 12.

Hakim, Legisnal. 2014. “ANALISA RCM PADA MOTOR DIESEL PENGGERAK GENERATOR DAYA 320 KVA SUMBER KELISTRIKAN DI HOTEL SAPADIA ROKAN HULU.†Jurnal Aptek 6(2): 165–72.

Hidayah, Nur Yulianti, and Noor Ahmadi. 2017. “Analisis Pemeliharaan Mesin Blowmould Dengan Metode RCM Di PT. CCAI.†Jurnal Optimasi Sistem Industri 16(2): 167.

Kurniawan, Rani Rumita. 2014. “Perencanaan Sistem Perawatan Mesin Urbannyte Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance II ( RCM II ) (Studi Kasus Di Departemen Produksi PT. Masscom Graphy, Semarang).†(Rcm Ii): 1–8.

Kurniawati, Dwi Agustina, and Muhammad Lutfan Muzaki. 2017. “Analisis Perawatan Mesin Dengan Pendekatan RCM Dan MVSM.†Jurnal Optimasi Sistem Industri 16(2): 89.

Lukodono, Rio, Pratikto Pratikto, and Rudy Soenoko. 2013. “Analisis Penerapan Metode RCM Dan MVSM Untuk Meningkatkan Keandalan Pada Sistem Maintenance (Studi Kasus PG. X).†Rekayasa Mesin 4(1): pp.43-52.

Manalu, Relinton B et al. 2016. “Berbasis Keandalan Pada Kapal Km . Bukit Siguntang Dengan Pendekatan Rcm ( Reliability Centered Maintenance ).†4(1).

Moubray, J. 1997. Reliability Centered Maintenance 2nd Edition. New York: Industrial Press Inc. Madison Avenue.

Putra, E. L. R. (2011) ‘Reliability Centered Maintenance (RCM)’, Marine Technology and Engineering, 2, pp. 1283–1295. doi: 10.2307/1268924.

Ramadhan, Muhammad Arizki Zainul. 2018. “PENENTUAN INTERVAL WAKTU PREVENTIVE MAINTENANCE PADA NAIL MAKING MACHINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) II (STUDI KASUS PT. SURABAYA WIRE).†Analytical Biochemistry 11(1): 1–5.

Rochman, Didit Damur, Cindy Chinthya, and Dessy Panigoro. 2017. “Perancangan Implementasi Reliability Centered Maintenance ( Rcm ) Pada Pt Indoneptune Net Manufacturing.†: 1092–1100.

Smith, A. M. and Glenn R. Hoinchcliffe (2004) Reliability Centered Maintenance. New York: Mc Graw-Hill Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.