PERAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN AKHLAK TERHADAP LINGKUNGAN DI SDN TOMPOMULYO 02 PATI

Ahmad Toha Amirul Azis, Choeroni ., M. Muhtar Arifin Sholeh

Abstract


Ahmad Toha Amirul Azis. 31501900006. Penelitian ini mendeskripsikan tentang pembinaan akhlak terhadap lingkungan di SDN Tompomulyo 02 Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peran pola asuh orang tua dalam membina akhlak peserta didik kelas VI di SDN Tompomulyo 02 Pati antara lain: pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, pola asuh permisif. Bentuk pembinaan akhlak peserta didik kelas VI di SDN Tompomulyo 02 Pati yaitu pembinaan akhlak dengan keteladanan, pembinaan akhlak dengan pembiasaan, pembinaan akhlak dengan nasehat, pembinaan akhlak dengan pengawasan, pembinaan akhlak dengan hukuman. Kendalanya yaitu terbatasnya waktu bersama anak, pengaruh negatif dari teknologi dan informasi, anak yang susah diatur.

Full Text:

PDF

References


Adnan, M. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Akhlak Anak Dalam Pendidikan Islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 66–81.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Anwar, K., & Choeroni, C. (2019). Model Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Budaya Sekolah Religius Di Sma Islam Sultan Agung 3 Semarang. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 90–101.

Arikunto, S. (2006). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Candra, B. Y. (2019). Problematika Pendidikan Agama Islam. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 134–153.

GOJALI, J. A., & ISLAM, M. M. P. (2020). PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK PERSPEKTIF AL-QUR’AN.

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40.

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif.

Siswanto, M. N. (2010). PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT AL-QUR’AN (SURAT AN-NUR AYAT 31 DAN SURAT AL-AHZAB AYAT 59). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tridonanto, A. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.