IMPLEMENTASI METODE MURAJA ̅’AH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG DEMAK

Mutmainah ., Mukhtar Arifin Sholeh, Toha Makhsun

Abstract


Dengan sering mengulang hafalan Al-Qur’an, maka kualitas dan kelancaran hafalan Al-Qur’an akan semakin baik. Namun kenyataannya, sering ditemukan dalam majlis-majlis sima’an Al-Qur’an dimana terdapat beberapa hafiẓ Quran yang masih terdapat kesalahan dalam murÄja’ah hafalan Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi metode murÄja’ah di Pondok Pesantren Nahdlatusy Syubban Sayung Demak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriptif dengan melibatkan ustadzah dan santri di Pondok Pesantren Nahdlatusy Syubban. Selanjutnya, data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program murÄja’ah di Pondok Pesantren Nahdlatusy Syubbandilakukan dengan adanya bimbingan dari ustadzah. Dimana semua santri diminta untuk berkumpul dalam satu majlis, kemudian ustadzah memberikan arahan terkait kegiatan murÄja’ah yang akan dilakukan. Dalam pelaksanaannya, kegiatan murÄja’ah dilakukan dengan dua cara yaitu kegiatan murÄja’ah formal dan non formal. Kegiatan murÄja’ah formal dilakukan pada siang hari senin, rabu, kamis dan sabtu pada pukul 18.00 WIB serta siang hari selasa, rabu, jum’at dan minggu pada pukul 10.00 WIB dengan menyetorkan murÄja’ah hafalan kepada ustadzah. Sedangkan kegiatan murÄja’ah non formal dilakukan dengan murÄja’ah estafet setiap malam minggu dan minggu pagi, murÄja’ah berpasangan setiap selasa pagi dan murÄja’ah mandiri setiap jum’at pagi dengan melakukan sima’an hafalan bersama santri lainnya. Untuk mengetahui tingkat kualitas hafalan Al-Qur’an santri, di Pondok Pesantren Nahdlatusy Syubban melakukan evaluasi kegiatan murÄja’ah dengan melakukan sima’an Al-Qur’an setiap bulan Rabi’ul Awwal sebanyak hafalan yang sudah dicapai oleh setiap santri. Adapun saran yang dapat penulis berikan yaitu hendaknya santri dapat memanfaatkan kegiatan terebut agar dapat mencapai hasil yang maksimal yaitu tidak hanya selesai hafalan tetapi juga memiliki kualitas hafalan Al-Qur’an yang baik.

Kata kunci: implementasi, metode murÄja’ah, kualitas hafalan

Full Text:

PDF

References


Abdulwaly, Cece. 2020. Pedoman MurÄja’ah Al-Qur’an. Sukabumi: Farha Pustaka.

Abu Sayyid, Salafuddin. 2012. Balita Pun Hafal Al-Qur’an. Solo: Tinta Medina.

Amir, Muhammad Amri. 2019. Ilmu Tajwid Praktis. Batam: Pustaka Baitul Hikmah Harun Ar-Rasyid.

Febriana, Rina. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Giyanti, dkk. 2022. Penilaian Tahfiẓ Al-Qur’an: Konsep, Analisis dan Praktik. Yogyakarta: Bintang Semesta Media.

Hasbiyallah dan Nayif Sujudi. 2019. Pengelolaan Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Romasdakarya.

Isnanni, Nurul, dkk. â€Penerapan Metode MurÄja’ah Jadid dan Qodim dalam Menjaga Kualitas Hafalan Al-Qur’anâ€. RAUDHAH PROUD TO BE PROFESSIONALS: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 8, no. 1 (April, 2023). https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i1.267.

Kurniawan, Andri, dkk. 2022. Perencanaan Pembelajaran. Sumatra Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.

M Soleh, Mahir , dkk. 2022. Buku Saku Dirasat Islamiyah. Bengkulu: CV Sinar Jaya Berseri.

Marzuki dan Sun Choirol Ummah. 2020. Dasar-Dasar Ilmu Tajwid. Yogyakarta: Diva Press.

Sa’dullah. 2021. 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an: Edisi Revisi. Depok: Gema Insani.

Zebua, Rony Sandra Yofa dan Asep Dudi Suhardini. 2021. Model Pembelajaran Pendidikan Karakter. Makassar: PT Nas Media Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.