Implementasi Kegiatan Pidato Untuk Pemahaman Pendidikan Agama Islam Di Mts Asy – Syarifah Brumbung Mranggen Demak

Muhammad Saiful Amin, Mukhtar Arifin Sholeh, Choeroni .

Abstract


Muhammad Safiul Amin. 31501900088. IMPLEMENTASI KEGIATAN PIDATO UNTUK PEMAHAMAN AGAMA ISLAM DI MTS ASY-SYARIFAH BRUMBUNG MRANGGEN DEMAK. Skripsi, Semarang: Fakultas Agama Islam universitas Islam Sultan Agung, Juli 2023.
Tujuan penelitian ini adalah pertama Untuk mengetahui praktek kegiatan pidato di MTs Asy – Syarifah Brumbung Mranggen Demak. Kedua untuk mengetahui implementasi kegiatan pidato terhadap pemahaman Pendidikan Agama Islam di MTs Asy – Syarifah Brumbung Mranggen Demak. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Sebelum program pidato dilaksanakan, pengurus OSIS melakukan sosialisasi kepada kelas VII dan VIII sesuai perintah dan arahan waka kesiswaan. Sosialisasi tersebut dilakukan pada saat Masa Orientasi Siswa (MOS) untuk menginformasikan program pidato dengan baik. Dalam sosialisasi tersebut OSIS menjelaskan bahwa program pidato dilaksanakan setiap hari Sabtu pada jam ke VII dan VIII setelah kegiatan KBM selesai. Selain itu OSIS juga menjelaskan tugas siswa kelas VII dan VIII dalam pelaksanaan pidato tersebut. tugas siswa dalam pelaksanaan pidato meliputi pembawa acara (MC), pembaca ayat suci Al-Qur’an (tilawah), pembaca arti Al-Qur’an (sari tilawah), dan yang berpidato (pemateri). (2) Pada pelaksanaan pidato yang pertama kali siswa kelas VII dan VIII tidak langsung praktek, melainkan digunakan untuk pembentukan kelompok dan pembuatan tata tertib atau peraturan serta sanksi, dengan didampingi oleh Dewan Guru yang bertugas. Pembuatan kelompok dilakukan secara acak. Setiap kelompok terdiri dari 4 sampai 5 anak yang nantinya akan bertugas secara bergantian setiap minggunya.(3) Dewan guru bimbingan konseling juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan untuk mengatur kegiatan. Dalam program pidato dibagi menjadi dua bagian yaitu sebagai penanggung jawab kelas, bertugas mengawasi pelaksanaan pidato dari awal sampai dengan selesai, memberikan evaluasi, motivasi atau arahan, dan saran untuk para petugas pidato agar lebih bersemangat dan kedepannya dapat tampil lebih bagus lagi.


Kata Kunci: Implementasi, Pidato, Pemahaman, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


M.Amin Syukur, Pengantar Studi Islam. ( Semarang: CV. Bima Sejat. 2006 ) hlm.2.

“Metode Praktis Menghafal Al Qur’an _ Yahya Bin Muhammad Abdurrazaq Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara,†n.d.

Allan Menzies, “Sejarah Agama Agama: Studi Sejarah, Karakteristik Dan Praktk Agama- Agama Besar Di Dunia,†2017.

Menzies, “Sejarah Agama Agama: Studi Sejarah, Karakteristik Dan Praktk Agama-Agama Besar Di Dunia.â€

Azyumardi Azra, “Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium Ketiga,†2019.

Mokh Firmansyah, Iman, “Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi,†Jurnal Pendidikan Agama Islam 17, no. 2 (2019): 79–90.

Dewi Shinta Halim, Seni Membawakan Pidato dan MC, (Yogyakarta: CV. Solusi Distribusi, 2018).

Departemen Pendidikan Nasional,Kamus besar Bahas Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007, Cet, 3.

Nayawati, “Pengaruh Pemahaman Ajaran Agama Islam Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Mendidik Anak Di Desa Kandangmas Dawe Kudus,†Http://Nayawati.Blogspot.Com/2010/04/Pengaruh-Pemahaman-Ajaran-Agama-Islam.Html, 2010.

Anas Sudjiono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT Grafindo Persada, 1996, hlm. 50

Hasil Wawancara dengan Kepala Madrasah Tsanawiyah, Pada Tanggal 01 Februari 2023

Mahfud Djunaidi, paradigma baru filsafat pendidikan islam, Depok: kencana, 2017.hlm.242-243

Ratna Dewi, NPM. 1441010096, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitsas Islam Negri (UIN) yang berjudul “ Komunikasi Satu Harah Pada Khutbah Jum’ah Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Di Masjid An – Nur Kelurahan Waydadi Kecamatan Suka rame†(Semarang : UNWAHAS, 2020)

Ramayulis.â€Metode Pendidikan Agama Islam†(Jakarta; Kalam Mulia 2005).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.