ANALISIS PENDEKATAN BERDIFERENSIASI PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI SD NEGERI BANDUNGROJO

Nirmala Wahyu Wardani, Muhamad Afandi, Sari Yustiana

Abstract


Penelitian ini berfokus pada penerapan pendekatan berdiferensisi pada hasil belajar peserta didik kelas VI di SD Negeri Bandungrojo. Kebutuhan belajar peserta didik berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan berdiferensiasi serta menganalisis pendekatan berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model studi kasus karena penelitian ini bersifat terbuka, tidak terstruktur, dan fleksibel. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas VI SD Negeri Bandungrojo. Variabel penelitian ini meliputi pendekatan berdiferensiasi serta hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penyimpulan data. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari wawancara, observasi, serta studi kasus. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa cara menerapkan pendekatan berdiferensiasi yaitu dengan memilih materi, mengelompokkan peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya, memfasilitasi media pembelajaran, dan membimbing peserta didik untuk menghasilkan suatu produk. Pendekatan berdiferensiasi ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: pendekatan berdiferensiasi, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2022). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 6(2).

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda, 3(2), 128–136.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Universitas Negeri Jakarta, 35(2).

Hetilaniar, Subyantoro, & Pristiwati, R. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Pewara Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Palembang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8, 8(2), 385–397.

Ida, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 1–14.

Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. P. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus. Gatranusantara: Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya Dan Pendidikan, 19(1), 62–70.

MS, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543.

Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Media Audio Visual di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910–1917.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12, 118–126.

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(September), 682–689.

Yulianti, E. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Menulis Teks Eksposisi dengan Pendekatan Berbasis Teks Eksposisi dengan Pendekatan Berbasis Teks. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 5(2), 163–176.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.