ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN BOARDING SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SD TAHFIDZ ROUDLOTUL QURAN DEMAK

Nur Sa'idah, Muhamad Afandi, Nuhyal Uliya

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada SD Tahfidz Roudlotul Qur’an Deemak guna mengungkap strategi pembelajaran boarding school terhadap pembentukan karakter kemandirian peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data yang diperoleh dari data primer dan sekunder. Instrumen penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru, alumni dan peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah dengan jumlah 5 orang terpilih. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran boarding school menggunakan strategi internal terdiri dari perencanaan, pengajaran, pelaksanaan, hukuman dan hadiah dan evaluasi. Strategi eksternal yaitu pengenalan, pengawasan dan evaluasi. Proses pendidikan karakter kemandirian peserta didik secara psikologis dan sosiokultural serta penerapan pendidikan kemandirian disekolah dengan memberikan pembelajaran keagamaan dengan metode yang menyenangkan dan tidak membuat peserta didik jenuh dan berkegiatan sosial.

Kata Kunci : boarding school, karakter kemandirian

Full Text:

PDF

References


Abdullah dan Safarina. (2016). Etika Pendidikan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Anis Rofiah. (2019). Implementasi Program Pendidikan Karakter dan Program Gerakan Literasi Sekolah dalam Membentuk Sikap Kemadirian. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2.

Atmaja, Surya. 2019. “Sistem Pembelajaran Boarding School Dalam Pengembangan Aspek Kognitif, Psikomotorik, Dan Afektif Peserta didik Man Insan Cendekia Bengkulu Tengah.†Jurnal Al-Bahtsu 4(1):96–103.

Boarding School.†Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman 4(1):48–64.

Eki Dwi Larasati. 2017. “Pendidikan Karakter Mandiri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar.†Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5: 384.

Falah, Riza Zahriyal. 2018. “Membangun Karakter Kemandirian Wirausaha Santri Melalui Sistem Pendidikan Pondok SD.†Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam 15 (2). Https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i2.853.

Faisal Mas’udi. 2020. “Manajemen Strategi Pembelajaran Dengan Sistem Boarding School Dalam Upaya Menumbuhkan Kemandirian Dan Kepedulian Peserta didik Di Era 4 . 0 ( Studi Kualitatif Di SMP Insan Terpadu Boarding School Paiton Probolinggo Jawa Timur ).†At-Ta’lim 6(1):65–79.

Gunawan, H. (Alfabeta). Pendidikan Karakter Konsep Implementasi. Bandung: 2013.

Husna, Laila. 2017. “Pendidikan Karakter Mandiri Pada Peserta didik Kelas IV SD Unggulan Aisyiyah Bantul.†Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (10): 964–74.

Https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.586.

Khamid, Abdul. 2020. “Model Pendidikan Karakter Kemandirian Di Pondok SD Al-Manar Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Dan Pondok SD Anibros Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang.†Jurnal Inspirasi 4 (1): 25–40.

Mansur Muslich. (2012). Pendidikan Karakter Menjawab Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhibbudin, & Parianto. (2021). Sistem Pembelajaran Boarding School. Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Riset, Vol.2 No.1.

Mus, Sumarlin, and Andi Mappincara. 2019. “Manajemen Pembelajaran Boarding School.†PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran 3(1):24. Doi: 10.26858/pembelajar.v3i1.8632.

Perdana, N. S. (2018). Peran Strategi Boarding School Terhadap Anak Didik, 11.

Prabandari, Anung Siwi. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.†Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2 (1): 68–71.

Rizkiani, Anisa. 2012. “Pengaruh Sistem Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter Peserta didik.†Jurnal Pendidikan Universitas Garut 6(1):10–18.

Sholikhun Muhamad. 2018. “Pembentukan Karakter Peserta didik Dengan Sistem

Susanti, Susi, Imran Imran, and Maria Ulfah. 2021. “Penanaman Pendidikan Karakter Kemandirian Perilaku Santriwati Melalui Metode Pembiasaan Pondok SD Nurusshibyan Singkawang Tengah.†Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 10(1). Doi: 10.26418/jppk.v10i1.44106.

Susiana. (2019). Pengaruh Sistem Boarding School dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar . Hal. 6.

Susiyani, Andri Septilinda. 2017. “Manajemen Boarding School Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam Di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yo Kualitas Belajar Peserta didik Dalam Sistem Boarding School Smp Islam Raden Paku Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun 2012.†Jurnal Pendidikan Madrasah 2(2):327.

Tri Hartini. (2015). Upaya Mengembangkan Kemandirian Emosi dan Sosial Peserta didik Melalui Layanan Konseling Madrasah. Saintifika Islamic Vol 2 No.1.

Umi Kholidah. (2013). Pendidikan Karakter dalam Sistem Boarding School di MAN Wonosari. Skripsi, 16.

Wahyuni, S. (2023, Februari 23). Strategi Boarding untuk Meningkatkan Ketrampilan Peserta didik. (N. Sa'idah, Pewawancara)

Wuryandani, Wuri, Fathurrohman Fathurrohman, and Unik Ambarwati. 2016. “Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Di Muhammadiyah Boarding School.†Jurnal Cakrawala Pendidikan 15(2):208–16. Doi: 10.21831/cp.v15i2.9882.

Yusutria, Yusutria, and Rina Febriana. 2019. “Aktualisasi Nilai–Nilai Kemandirian Dalam Membentuk Karakter Mandiri Peserta didik.†Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 8(1):577–82. Doi: 10.29313/tjpi.v8i1.4575.

Zaen, M. (2023, Februari 23). Strategi Boarding School SD Roudlotul Qur’an. (i. Nur Sa, Interviewer)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.