PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTs NU RAUDLATUL MUALLIMIN WEDUNG

Alfina Rahmawati, Susiyanto .

Abstract


PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMEBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTs NU RAUDLATUL MUALLIMIN WEDUNG TAHUN AJARAN 2022/2023 Skripsi, Semarang: Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Januari 2023.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Peran guru dalam pembentukan akhlak peserta didik Di MTs NU Raudlatul Muallimin Wedung, (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru dalam pemebntukan akhlak peserta didik di MTs NU Raudlatul Muallimin Wedung, (3) Untuk mengetahui Akhlak peserta didik di MTs NU Raudlatul Muallimin Wedung. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dan penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini merupakan kepala sekolah dan guru-guru dan beberapa peserta didik. Analisi data yang digunakan yaitu dengan cara mereduksi data yang disajikan dalam bentuk deskriptif dan diverifikasi dengan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyatakan bahwa peran guru sudah baik dan efektif dalam pembentukan akhlak peserta didik di MTs NU Raudlatul muallimin Wedung. Menurut data yang diperoleh yaitu melalui presensi kehadiran atau keterlambatan ketika kegiatan dan melalui hasil wawancara disimpulkan penerapan yang baik. Hasil data berupa presensi memperlihatkan berkurangnya pelanggaran peserta didik dan semakin tertib pada kegiatan-kegiatan yang ada di MTs NU Raudlatul Muallimin wedung. berdasarkan hasil wawancara peran guru akidah akhlak dalam pemebentukan akhlak peserta didik mencapai 95% efektif diterapkan dalam membangun akhlak peserta didik

Kata Kunci: Peran guru, pembentukan akhlak, akhlak peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Ainin Nur Afidiah, dkk, 2018, Mengenal Aqidah dan Akhlak Islami, Lampung: CV. Igro’.

Alfiah, 2015, Hadis Tarbawi (Pendidikan Islam Dalam Tinjauan Hadis Nabi), Pekanbaru: Publishing And Colsulting Company.

Alfiah, 2015, Hadis Tarbawi Pendidikan Islam Ditinjau Hadis Nabi, Pekanbaru: Publising and Consulting company.

Al-Hazandar, Muhammad, Mahmud, Perilaku Mulia yang Membina Keberhasialan Anda, Jakarta: Embun Publising.

Amirini dan Daryanto, 2016, Evaluasi Dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013, (Yogyakarta: Gava Media.

Amiruddin, 2018, Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Medan:

Ananda Rusydi, 2019, Perencanaan Pembelajaran, (Medan: Lembaga Peduli

Arifin Zainal, 2012, Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Arifin Zainal, 2014, Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur, Bandung: Remaja Rusda Karya.

Askhabul Kirom. “Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikulturalâ€, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu.

Bachi Bachtiar, 2010, Meyakinkan Validalitas Data Melalui Trigulasi Pada Penelitian Kualikatif, Jurnal Tegnologi Pendidikan Vol. 10 No. 1.

Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Bararah Isnawardatul, 2017, Efektifitas Perencanaan Pembelajaran Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Jurnal Mudarrisuna, Vol. 7 No. 1.

Bastomi Hasan, 2017, Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Akhlak Anak Pra Sekolah, Jurnal Elementary Vol. 5 No. 1.

Ghalia Indonesia. Rosidi, 2015, Pengantar Akhlak Tasawuf,Semarang:PT CV.Karya Abadi Jaya.

Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Hestu Nugroh Warasto, “Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Kasus Sekolah Madrasah Aliyah Anninda Al-Islamy, Cengkareng)â€, dalam Jurnal Mandiri Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang, Vol. 2 No. 1 Juni, 2018

Hidayat, Nur. Akidah Akhlak dan Pembelajarannya. Yogyakarta:

Lembaga Peduli Pengembangan Pendidiksn Indonesia (LPPPI).

M.Sahlan Syafei, 2002, Bagaimana anda mendidik anak, Baogor:PT

Majid,Abdul. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bandung: RemajaRosdakarya, 2014.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi

Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam. Cet.V, Jakarta: Kencana, 2017.

Ombak, 2015.

PAI . Jakarta

Pengembangan Pendidiksn Indonesia (LPPPI).

Persada, 2010.

Rajawali Pers,1995. Darajat, Zakiyah. Metodik Khusus Pengajaran

Rineka Cipta, 2010. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta, 2019.

Tarbiyah dan Keguruan Universitas Yudharta Pasuruan, Vol. 3 No. 1. Desember, 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.